PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Banjir yang melanda Rokan Hulu, Riau sepekan terakhir mulai surut. Di sejumlah desa yang hingga dua hari lalu ketinggian air masih satu meter, mulai kemaren sudah mulai kering. Yang tersisa hanya genangan-genangan di beberapa cekungan.


''Karena mulai surut, kita sudah cabur status Rokan Hulu dari Siaga Darurat,'' ujar Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul Aceng Herdiana ST MM, Jumat (3/1/2014).


Aceng menjelaskan ribuan rumah penduduk di sejumlah desa di Kecamatan Kepenuhan dan Bonai Darussalam yang terendam banjir telah surut, hanya tinggal genangan air di sejumlah perkarangan rumah masyarakat.


Tim BPBD telah turun ke lapangan dan melihat kondisi banjir sudah surut di dua kecamatan itu, sebab dua hari terakhir tidak datang hujan, tapi genangan air diperkarangan rumah masih ada.


Diakuinya, banjir terjadi Kamis (2/1) kemarin, merendam dua kecamatan dengan ketinggian air sepingang orang dewasa. ''Jadi mulai 2 Januari 2014, kita telah akhiri status siaga darurat terhadap banjir,'' jelasnya. (srt)