PEKANBARU - Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau Tahun Anggaran 2019, masih jauh dari kata menggembirakan. Bagaimana tidak, angka realisasi keuangan dan fisik dari APBD Riau ini sendiri belum menyentuh angka 90 persen. Padahal tutup tahun anggatan tinggal hitungan hari yang tak kurang dari 28 hari lagi.

Pelaksana tugas (Plt) Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Indra SE menjelaskan, bahwa realisasi keuangan APBD Riau 2019 di awal Desember ini memang baru mecapai 68,2 persen dan fisik 75 persen. Angka ini tentunya masih sangat jauh dari target realisasi 90 persen yang telah ditetapkan sebelumnya.

"Sekarang masih berproses, realisasi keuangan 68,2 persen dan fisik 75 persen. Kami berharap target yang telah ditetapkan bisa terealisasi," kata Indra di Pekanbaru, Selasa (3/12/2019).

Untuk itu, ia pun mendorong rekan-rekannya di organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk menggesa kegiatan-kegiatan yang ada di instansi mereka masing-masinh.

"Kami mendorong teman-teman OPD, dengan sisa waktu yang ada sekarang ini, supaya menggesa kegiatan-kegiatan itu," ujarnya.

Bagi yang serapannya masih sangat rendah, Indra pun mengimbau supaya Kepala OPD bersangkutan berupaya untuk mengejar ketertinggalan dari target yang ditetapkan.

"Misalnya dengan sisa waktu yang ada sekarang ini, apakah mereka harus lembur atau menambah jam kerja khusus untuk pengerjaan konstruksi, silahkan saja. Sikakan kejar target," tuturnya. ***