TELUKKUANTAN – Tujuh orang warga Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR tahun 2022. Bantuan ini didapat warga Kuansing berkat aspirasi Marsiaman Saragih, Anggota Fraksi PDIP DPR RI.

Warga yang mendapat bantuan tersebar di dua kecamatan, yakni Cerenti dan Singingi. Di Kecamatan Cerenti, ada dua orang yang mendapat BSPS, yakni Yasir Arianto dan Nur Sian. Sedangkan di Kecamatan Singingi ada lima orang, yakni Sami, Noto Sugiono, Ahmad Subandi, M Maftuhin dan Kasdu.

BSPS merupakan program Presiden RI Joko Widodo untuk mengentaskan kemiskinan. Selain warga mendapatkan rumah yang layak, BSPS ini juga menyasar tenaga kerja. Setiap warga akan mendapatkan bantuan sebesar Rp20 juta, Rp17,5 juta untuk material dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

"Alhamdulillah, tadi siang kami mendampingi pihak dinas datang ke desa guna melaksanakan kegiatan BSPS ini," ujar Halim, Ketua DPC PDIP Kuansing didampingi pengurus PDIP Kuansing, Maruli Tamba, Rabu (5/10/2022) di Telukkuantan. Maruli Tamba merupakan mantan anggota DPRD Kuansing periode 2014 - 2019.

Dikatakan Halim, tujuh unit rumah yang akan direhab melalui kegiatan BSPS merupakan aspirasi dari Marsiaman Saragih, anggota DPR RI asal Riau. Marsiaman memperjuangkan aspirasi lewat fraksi PDI Perjuangan.

"Mudah-mudahan, tahun depan akan semakin banyak masyarakat Kuansing yang mendapat bantuan rumah layak huni. PDI Perjuangan akan selalu memperjuangkan nasib rakyat," ujar Halim.***