PEKANBARU, GORIAU.COM - Kabut asap yang semakin tebal di kabupaten Rokan Hulu, dalam beberapa minggu terakhir, sejumlah puskesmas di kecamatan mengalami lonjakan penderita penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).


Lonjakan pasien penderita ISPA di sejumlah Puskesmas ini terjadi akibat kabut asap yang cukup pekat diwilayah Rohul, seperti di Kecamatan Kuntodarusalam, sebagian besar pasien usia anak-anak dan lansia (lanjut usia).


Informasi yang diperoleh GoRiau.com, dari Kepala Puskesmas Kuntodarusalam, dr. Darmadi melalui KTU, Maradona Ritonga mengatakan, bahwa lonjakan penderita ISPA pada Bulan Agustus 2015 sebanyak 252 orang, namun pada September meningkat menjadi 265 orang.


"Sejauh ini pihak Puskesmas terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka penderita ISPA, kami sudah membagikan ribuan masker kepada masyarakat secara gratis baik warga yang datang berobat ke Puskesmas maupun dibagikan kepengguna jalan dan anak sekolah," ungkap Ritonga.


Selain pemberian masker, pihak Puskesmas juga memberikan imbauan kepada masyarkat agar mengurangi aktivitas di luar rumah, kalaupun terpaksa keluar, selalu menggunakan masker.


Sementara itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mencatat, sepanjang September 2015, telah mencatat penderita inpeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat bencana asap sekitar 4.815 orang.


Sedangkan penderita penyakit asma selama September sebanyak 388 orang, iritasi kulit 462 orang, iritasi mata 552 orang, dan pneumonia atau paru-paru basah ada 7 pasien.(rls)