JAKARTA -- Artis Ashanty terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 varian omicron sepulang liburan sekeluarga dari Turki.

Dikutip dari detikcom, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto memastikan Ashanty positif Covid-19 melalui tes S-gene target failure (SGTF). Tes SGTF umumnya dipakai untuk menunjukkan indikasi atau kemungkinan terpapar Covid-19 varian omicron.

Dijelaskan Hery, Ashanty tes sepulang dari Turki per Kamis (6/1/2022). Hasil tes Covid-19 PCR Ashanty keluar per hari ini, Jumat (7/1/2022), menunjukkan dirinya positif Covid-19.

Belum diketahui apakah Ashanty mengalami sejumlah gejala Covid-19. Namun, Hery memastikan yang bersangkutan kini tengah dikarantina di rumah sakit.

''Yang bersangkutan sudah dibawa ke salah satu fasilitas kesehatan, di rumah sakit rujukan,'' jelas dia saat dihubungi detikcom Jumat (7/1/2022).

Hery juga tidak mengungkap RS mana tempat Ashanty diisolasi. Namun, ia membeberkan sejumlah fasilitas kesehatan yang biasanya dijadikan tempat karantina terpusat bagi pelaku perjalanan dari luar negeri.

''Ada banyak rumah sakit rujukan, bisa di wisma Atlet atau di RSPI Sulianti Saroso, di swasta juga ada,'' sambungnya.

Menurut Hery, Ashanty diisolasi di rumah sakit demi mendapatkan perawatan yang lebih baik, meskipun kondisi terakhirnya belum diketahui apakah mengeluhkan gejala Covid-19 ringan atau berat.

''Saya sendiri tidak tahu yang bersangkutan (Ashanty) ada riwayat penyakit apa. Tapi kalau di rumah sakit kan pemantauannya lebih baik,'' pungkas dia.***