PEKANBARU - Aparat Bhabinkamtibmas di Desa Teratak Buluh, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, terpaksa mengamankan seorang pria yang kerap dipanggil si IL, lantaran sering mengamuk dan menghancurkan perabot serta mengacak-acak rumah.

Anehnya, perilaku ini hanya akan terjadi setelah si IL selesai mengisap bensin. Kebiasaan itu sudah ia lakukan selama setahun belakangan. Tak ingin menimbulkan kerugian lainnya, Bhabinkamtibmas di sana pun terpaksa mengambil tindakan, dan memborgol pria 25 tahun tersebut.

"Kita datangi rumahnya dan mengambil tindakan dengan mengamankannya, Selasa (29/11/2016) siang. Kita bawa ke BNK Kampar untuk direhabilitasi, karena khawatir dengan tindakannya," kata Bhabinkamtibmas Desa Teratak Buluh, Brigadir David Gusmanto.

David yang diwawancarai GoRiau.com (GoNews Group), Selasa malam menjelaskan, kebiasaan aneh tersebut sudah dilakukan IL setahun belakangan. Sebelum itu, pemuda tersebut juga doyan mengisap lem. "Lama-lama kecanduan ngisap bensin," terangnya.

Akibatnya, keluarga si IL kerap dilanda ketakutan setiap kali dirinya berubah jadi 'monster' usai mengisap bensin tersebut.

"Rumah tersebut hancur dibuatnya. Ibunya yang jualan lontong terpaksa mengungsi ke rumah saudara lain karena takut," kisah David menceritakan.

"Kalau dari keterangan keluarga, dia seperti itu karena faktor lingkungan (pergaulan, red), dan juga karena faktor ekonomi dan pendidikan," singkatnya. ***