PEKANBARU - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Provinsi Riau, Nurdin, mengungkapkan saat ini pihaknya tengah menjalankan program 'Gerakan Gelorakan GEN 170' di Riau.

Disampaikan Nurdin, program ini merupakan program dari tingkat Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora. Partai Gelora, kata Nurdin, ingin mengkampanyekan isu-isu yang penting namun tidak populer dan tidak seksi di masyarakat.

Menurut Nurdin, pihaknya menginginkan anak-anak Indonesia di masa depan bisa mencapai postur tinggi badan mencapai angka 170 cm. Sebab, saat ini angka stunting di Riau masih di angka 27 persen.

Mantan Anggota DPRD Riau ini menjelaskan, membuat postur tinggi badan masyarakat Indonesia bukan sesuatu yang mustahil. Karena, secara ilmiah, tinggi badan itu bisa direkayasa melalui program tertentu.

"Program ini bisa berjalan asalkan ada tekad besar dan dibantu political will yang luar biasa dari pemerintah untuk mendistribusikan pengetahuan kepada masyarakat," ujar Nurdin didampingi Ketua DPN Bidang Pengembangan Teritotial Sumatera, Hasyim Waliwa yang juga pendiri Gelora, Jumat (24/12/2021).

Politicial will atau kebijakan pemerintah yang diharapkan pihaknya, sambung Nurdin, adalah dengan memberikan nutrisi dan gizi kepada masyarakat. Disamping bisa membuat postur tubuh tinggi dan mencegah stunting, kebijakan ini juga bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia.

"Pemerintah harus mengalokasikan anggaran untuk pemberian nutrisi kepada ibu hamil, bantuan kelahiran nutrisi untuk bayi dan makan siang gratis untuk anak sekolah hingga jenjang SMA. Alokasi anggaran tersebut," terangnya.

Partai yang dipimpin oleh Anis Matta ini, kata Nurdin, sudah mulai mensosialiasikan program ini kepada kalangan ibu-ibu supaya peduli tentang gizi anak-anaknya. Sehingga, program GEN 170 bisa berjalan dengan lancar.

"Saya saja, yang sudah tidak muda lagi, masih main basket, karena tinggi saya dibawah 170 cm, yang penting berusaha. Tapi sasaran program ini adalah bayi-bayi yang lahir dan ibu-ibu hamil. Indonesia ini kan mau masuk lima besar negara di dunia, tentu yang kota tampilkan tidak hanya ide dan gagasan saja, tapi postur tubuh juga," tutupnya. ***