YOGYAKARTA - Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Riau terus memperluas wawasan dalam upaya mengembangkan bisnis media digital di Riau, terutama media yang tergabung dalam AMSI Riau.

Pekan lalu, 27-28 Juli 2023, pengurus AMSI Riau bertandang sambil belajar ke sekretariat AMSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan kantor Tribun Jogja. Ketua AMSI Riau, Ahmad S Udi, mengatakan, kegiatan ini sangat penting mengingat cepatnya perubahan model bisnis media digital.

GoRiau Pengurus AMSI Riau foto bersam
Pengurus AMSI Riau foto bersama dengan pengurus AMSI Yogyakarta di depan gedung sekretariat AMSI Yogyakarta. (dok.amsi riau)

"Perkembangan dan perubahan model bisnis media sangat cepat dan beragam. Karena itu, kami harus terus belajar. Terutama pada media-media digital di daerah lain yang terbukti berhasil memilih dan menerapkan model bisnisnya," ujar Ahmad S Udi, di Yogyakarta, Kamis (27/7/2023).

GoRiau Pengurus AMSI Riau berdiskusi
Pengurus AMSI Riau berdiskusi dengan Pemimpin Redaksi Tribun Jogja Ribut Raharjo dan penanggung jawab konten digital Tribun Jogja Ikrob. (dok.amsi riau)

Dituturkan Ahmad, pada Kamis (27/7/2023) siang, setelah mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo, rombongan pengurus AMSI Riau langsung bertolak ke kantor Harian Jogja yang juga sekretariat AMSI Daerah Istimewa Yogyakarta.

GoRiau Pengurus AMSI Riau berfoto den
Pengurus AMSI Riau berfoto dengan Pemimpin Redaksi Tribun Jogja Ribut Raharjo dan penanggung jawab konten digital Tribun Jogja Ikrob. (dok.amsi riau)

Rombongan AMSI Riau disambut yang juga Ketua AMSI Yogyakarta yang juga Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihatono dan beberapa pengurus AMSI Yogyakarta. Pada diskusi yang berlangsung sekitar dua jam, AMSI Riau dan Yogyakarta saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengembangkan bisnis media digital.

GoRiau Pengurus AMSI Riau melakukan r
Pengurus AMSI Riau melakukan rapat membicarakan hasil diskusi dengan pengurus AMSI Yogyakarta serta Pemimpin Redaksi Tribun Jogja Ribut Raharjo dan penanggung jawab konten digital Ikrob. (dok.amsi riau)

Ahmad S Udi mengatakan, pengurus AMSI Riau mendapatkan banyak pengetahuan tentang strategi dan model bisnis media digital yang diterapkan Harian Jogja dan media anggota AMSI Yogyakarta lainnya, seperti media Mojok.co dan jogja.suara.com.

GoRiau Pengurus AMSI Riau foto bersam
Pengurus AMSI Riau foto bersama seusai rapat. (dok.amsi riau)

Selain iklan dan advertorial langsung, kedua media tersebut bisa mendapatkan penghasilan dari kreativitas digital, seperti pembuatan film pendek berisi pesan positif dari instansi atau perusahaan swasta. Selain itu juga menggelar beberapa iven.

"Sudah beberapa kali kami membuat film pendek untuk instansi pemerintah. Kami juga menyunting dan mencetak majalah dinas tertentu dari kabupaten tertentu," jelas Anton.

Pemasukan dari kegiatan bisnis model baru ini, menurut Anton, sangat membantu menopang bisnis perusahaan media. Beruntungnya, perkembangan industri kreatif di Yogyakarta sangat mendukung sektor lainnya, tak terkecuali bisnis media digital.

Pada Jumat (28/7/2023), rombongan AMSI Riau belajar ke kantor Tribun Jogja. Kehadiran AMSI Riau diterima Pemimpin Redaksi Tribun Jogja Ribut Raharjo dan penanggung jawab konten digital Ikrob.

Dalam pertemuan tersebut, Ribut memberikan gambaran tentang pentingnya memanfaatkan media sosial untuk eksistensi bisnis media digital.

"Tapi untuk eksis dan menghasilkan harus terus berinovasi. Tidak bisa satu model bertahan dalam waktu lama. Selalu perlu inovasi untuk bisa menjaga keberlangsungan bisnis," ujar Ribut Raharjo.

Usai diskusi, rombongan AMSI Riau juga berkesempatan mengunjungi dua studio Tribun Jogja yang biasa untuk membuat konten podcast. Untuk diketahui Harian Jogja dan Tribun Jogja saat ini selain mengelola media digital juga masih menjalankan bisnis media cetak.

Pada Sabtu (29/7/2023) pagi, pengurus AMSI Riau melakukan rapat di hotel tempat menginap, membahas hasil diskusi dengan pengurus AMSI Yogyakarta serta Pemimpin Redaksi Tribun Jogja Ribut Raharjo dan penanggung jawab konten digital Tribun Jogja Ikrob.

"Saya yakin anggota AMSI Riau mendapat banyak ilmu yang sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis media digital di Riau," kata Ahmad.

Untuk diketahui AMSI Riau beranggotakan Riauterkini.com, Riaupos.co, Tribunpekanbaru.com, Cakaplah.com, Goriau.com, Riauonline.co.id, Bertuahpos.com, Riauantaranews.com, Potretnews.com, Halloriau.com dan Riau1.com.***rls/adv