PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memfokuskan tes swab kepada kontak erat pasien positif Covid-19 dan tenaga kesehatan (nakes) yang menangani langsung Covid-19. Pasalnya, saat ini alat tes swab mengalami keterbatasan jumlah di tengah meningkatnya penularan virus Corona penyebab Covid-19 tersebut.

"Karena kasus meningkat cukup banyak, dan hasil tracking dengan kasus positif cukup banyak, serta keterbatasan alat swab, kami Dinas Kesehatan (Diskes) fokus untuk melakukan swab kepada kontak erat dan tenaga kesehatan yang menangani pasien positif," ujar Plh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (13/8/2020).

Ia menjelaskan, tenaga kesehatan saat ini menjadi prioritas dalam tes swab dikarenakan sebagai garda terdepan yang menangani pasien yang terpapar covid-19.

Sementara itu, terkait peningkatan kasus positif Covid-19 di Kota Pekanbaru dalam beberapa waktu terakhir, berasal dari Klaster salah satu Bank BUMN di Kota Pekanbaru. Diskes sendiri masih terus melakukan tracing (kontak erat) pasien positif untuk memutus rantai penularan virus tersebut.

Adapun data Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru perhari ini, masih ada 112 pasien Covid-19 yang masih dirawat dan 35 PDP yang belum dinyatakan sehat.***