BANGKINANG - Puluhan masyarakat yang sedang berurusan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kampar di Jalan A Rahman Saleh menjadi heboh karena adanya inspeksi mendadak yang dilakukan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Selasa (21/1/2020) siang.

Catur Sugeng Susanto datang didampingi ajudan dan pengawal pribadi. Ia meluncur dari rumah dinasnya dan sampai di Disdukcapil Kampar langsung disambut Muslim, Kepala Bidang Supardi dan pegawai lainnya.

Bupati Kampar saat sidak tersebut langsung menuju ruangan Kadis dan dilanjutkan ke ruangan bagian pelayanan akte, KTP dan lainnya. Ia mengaku datang ke kantor Disdukcapil karena adanya informasi dari masyarakat tentang pelayanan.

“Saya melaksanakan sidak ini untuk melihat langsung pelayanan di Disdukcapil dan menindaklanjuti informasi dari masyarakat,” ujarnya.

Kepada Kadisdukcapil dan jajaran Bupati Catur minta agar meningkatkan kualitas pelayanan kepada masuarakat dan mempercepat penyelesaian dokumen. Ia juga menilai bahwa dari waktu ke waktu dinas ini terus berbenah.

Sidak yang dilakukan Bupati Kampar ini mendapat apresiasi dari mahasiswa Kampar. Salah seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Jakarta asal Kampar Fathur Rahman yang kebetulan sedang libur kuliah dan melihat sidak yang dilakukan Bupati Kampar mengapresiasi sidak yang dilakukan Bupati Kampar agar instansi yang terus mendapat sorotan dari masyarakat ini terus berbenah memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

"Saya pernah melihat masih adanya beberapa kekurangan pelayanan di Disdukcapil. Masyarakat banyak mengeluhkan lamanya penyelesaian KTP karena alasanya blangkonya habis. Apa benar blangko ini terbatas," ungkap Fathur.

Ia juga melihat masih ada kelalaian petugas dan disiplin petugas. "Banyak yang masih ngaret," ujarnya. Faktor lain yang harus diperbaiki juga adalah keramahtamahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. ***