JAKARTA - Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto mengatakan, update perkembangan kasus corona di Indonesia relatif lebih baik daripada kasus aktif global.

"Di Indonesia sudah single digit atau 7,61 persen, global 17,29 persen. Kemudian kesembuhan nasional sudah mencapai 89,88 persen dibandingkan global 80,53 persen," kata Airlangga dalam jumpa pers virtual, Senin (5/4).

Namun soal angka kematian, Indonesia masih punya pekerjaan rumah. Sebab, masih di atas global yaitu 2,72 persen dan global 2,18 persen.

"Kalau dilihat dari PPKM Mikro dalam beberapa minggu terakhir ini baik kasus aktif, kesembuhan, kasus fatality rate sudah mengalami penurunan," tutur dia.

15 provinsi sebelumnya telah menerapkan PPKM, ia memastikan pelaksanaannya tetap berlanjut. Mereka adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DIY, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, NTB dan NTT.

"Dari 15 provinsi yang melakukan PPKM, hampir seluruh provinsi mengalami penurunan kecuali Banten. Banten yang terjadi kenaikan karena Banten semula hanya Tangerang Raya dan sekarang sudah seluruh provinsi

"Dan Banten kemarin dilakukan testing secara masif," tutupnya. ***