PEKANBARU -- Dua wartawan senior asal Provinsi Riau, yakni Hasan Basril dan Zulmansyah Sekedang, dinyatakan Dewan Pers lulus sebagai ahli pers dalam ujian yang digelar Dewan Pers di Tangerang, Banten, pada 21 Agustus 2021 lalu.

Dengan lulusnya Hasan Basril dan Zulmansyah sebagai ahli pers, maka sudah 5 orang ahli pers di Riau. Sebab, sebelumnya sudah ada tiga orang di Riau yang mengantongi sertifikat ahli pers dari Dewan Pers, yakni Mario Abdillah Khair Saragih (PWI), Ilham Muhammad Yasir (AJI) dan Ahmad Jamaan (AJI).

Hasan Basril dan Zulmansyah diumumkan lulus sebagai ahli pers bersama puluhan peserta lainnya dari Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan, melalui surat Dewan Pers Nomor: 833/DP-K/IX//2021, tertanggal 8 September 2021, yang ditandatangani Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh.

Hasan Basril merupakan Pemimpin Redaksi Goriau.com yang saat ini juga memegang amanah sebagai Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pekanbaru dan Majelis Etik Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Riau. Mantan anggota Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) AJI Indonesia ini juga dosen jurnalistik di sejumlah kampus di Pekanbaru.

Sedangkan Zulmansyah Sekedang merupakan Direktur Utama Riau Televisi (RTv), yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau.

Hasan Basril mengaku bersyukur dinyatakan lulus sebagai ahli pers Dewan Pers dan menyatakan kesiapannya menjalankan tugas dari Dewan Pers sebagai ahli pers.

''Saya berterima kasih kepada Dewan Pers karena telah menilai saya memenuhi syarat sebagai ahli pers. Selanjutnya, saya siap menjalankan tugas yang diberikan Dewan Pers sebagai ahli pers. Tugas ini akan saya jalankan dengan sikap independen, adil dan objektif,'' ujarnya, Kamis (9/9/2021).***