SELATPANJANG - Tahun 2016 ini, ada 9 Qari Qariah asal Kabupaten Kepulauan Meranti akan memperkuat Provinsi Riau dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVI di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB). Jika dibanding tahun lalu, ada peningkatan qari qariah asal Meranti yang mewakili Riau.

Menurut Ketua Umum LPTQ Kepulauan Meranti Drs H Ishak Izrai, tahun lalu saat MTQ Nasional ke XXV di Batam tahun 2014, Meranti hanya mengirimkan 3 qari-qariah terbaiknya. Namun, pada tahun ini meningkat menjadi 9 orang.

"Saat ini 9 orang putra putri Meranti sedang mengikuti TC di LPTQ Provinsi Riau," kata Ishak Izrai kepada GoRiau, Selasa (17/5/2016).

Ditambahkan Ishak, 9 putra putri Meranti ini dipersiapkan untuk menjadi peserta utusan Provinsi Riau pada MTQ Nasional ke XXVI di Mataram NTB, yang akan digelar Juli 2016.

Diceritakan Ishak Irai lagi, saat ini disampaikan ke Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, orang nomor satu di Kota Sagu merasa cukup bangga. Sebab, ada peningkatan jumlah peserta dari tahun sebelumnya saat perhelatan MTQ Nasional di Batam tahun 2014 lalu. "Ini membuktikan bahwa anak Meranti punya potensi besar," tambah Ishak lagi.

Adapun putra putri Meranti yang akan mewakili Riau di MTQ ke XXVI itu nantinya antara lain Safwan dan Siti Nuraini untuk kategori Tartil, Kategori Tahfiz ada Sri Rahayu, kategori Fahmil ada Ririn Isma, kategori Khat ada Siti Asriah, dan Tahfiz ada Naila dan Ulfa. ***