PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau segera menginstruksikan KPU yang ada di kabupten dan kota untuk memperbaiki kesalahan input jumlah suara pemilihan presiden pada Sistem Perhitungan (Situng) Pemilu 2019 yang ditampilkan di website KPU.

Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto mengatakan, bahwa dari total 17.643 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Riau, pihaknya hanya menemukan kesalahan input pada dua TPS yang ada di Kabupaten Pelalawan dan Kota Dumai.

"Dari sejumlah TPS itu, kita temukan error di dua TPS. Satu sudah kita perbaiki. Satu lagi sedang proses. Saya sudah perintahkan KPU Pelalawan untuk cek. Sebelumnya di Dumai saya juga sudah perintahkan untuk dicek. Kembalikan pada data yang benar, sesuai data C1," jelas Nugroho di Pekanbaru, Jumat (19/4/2019).

Ia juga menerangkan, bahwa jumlah operator inpu data di kabupaten dan kota ada 25 operator. Yang mana, mereka dibagi ke zona kecamatan.

Ads
Untuk menginput data ribuan dengan waktu yang singkat dan sistem manual, kata Nugroho, maka para operator ini hanya mengandalkan ketangkasan mata dalam melihat angka di C1 dan di komputer.

"Kelelahan menjadi sesuatu yang tak terhindarkan. Pun demikian, jika terjadi error, kita bisa mudah mendeteksi karena publik memiliki C1, dan rekapitulasi di tiap tingkat dilakukan secara manual. Mohon sampaikan ke kami jika masih ada kesalahan," terangnya.***