FREETOWN -- Sebanyak 99 orang tewas gara-gara truk tangki BBM meledak dan terbakar di jalan raya, di persimpangan yang ramai, di depan supermarket.

Dikutip dari inews.id, perisriwa yang merenggut hampir 100 jiwa itu terjadi di Freetown, ibu kota Sierra Leone, Jumat (10/6/2021) malam, sekitar pukul 22.00 waktu setempat, juga menyebabkan lebih 100 orang luka-luka.

Dua SPBU tak jauh dari lokasi ikut terbakar dampak dari ledakan tersebut. Bahan bakar yang tumpah ke jalanan juga menyulut api sehingga ikut membakar kendaraan di sekitarnya.

Reuters melaporkan, bahan bakar tampak masih keluar dari truk tangki pada Sabtu (6/11/2021) pagi. Petugas dari kepolisian dan tentara tampak berusaha mensterilkan lokasi dari kerumunan besar penonton dari jalan.

Mayat manusia yang terbakar dan beberapa mobil juga sepeda motor yang menghitam memenuhi jalan di pinggiran timur Freetown, Wellington. 

Wakil menteri kesehatan, Amara Jambai mengatakan para korban dirawat di rumah sakit dan klinik yang tersebar di seluruh ibu kota.

Wali Kota Freetown, Yvonne Aki-Sawyerr mengatakan, para korban ini merupakan mereka yang nekat mengumpulkan bahan bakar yang bocor dari kendaraan yang pecah. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Brima Bureh Sesay dalam sebuah video dari lokasi kejadian melaporkan ada banyak sekali korban termasuk mayat terbakar. 

''Ini kecelakaan yang mengerikan,'' katanya. 

Dalam Video yang tersebar secara online tak lama setelah ledakan menunjukkan orang-orang berlarian melalui asap tebal saat api besar menerangi langit malam. Sayangnya, Reuters tidak dapat segera memverifikasi gambar tersebut.***