SIAK SRI INDRAPURA, - Sebanyak 8.048 pelajar SMP sederajat di Kabupaten Siak mulai hari ini, Senin (9/5/2016) mengikuti Ujian Nasional (UN). Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi meninjau langsung pelaksana UN di SMPN 1 Kampung Benteng Hulu dan SMPN 2 Mempura Kampung Merempan Hilir.

"Selamat ujian anak-anak, harus percaya diri ya," pesan Syamsuar kepada pelajar.

Selain itu Bupati juga mengingatkan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan lingkungan sekolah yang aman dan asri. "Kalau di sini sudah banyak pohon-pohon dan lingkungannya bersih dan sehat, nanti bisa ikut sekolah Adiwiyata tingkat nasional," ujarnya.

 Dalam kunjungannya Bupati tidak hanya sekedar melihat peserta UN saja, namun juga sempat berkomunikasi dengan para pengawas ujian. Tujuannya untuk memastikan pengawas tidak berasal dari internal sekoah atau guru mata pelajaran yang sedang diujikan.

Ikut hadir pada kesempatan itu, Kepala Disdikbud Siak Kadri Yafis, Anggota DPRD Siak Sujarwo, Camat Mempura Hendi Derhavin, Penghulu Merempan Hilir dan pejabat terkait lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak Kadri Yafis melalui Kasi Kurikulum SMP Fachrurozi mengatakan, jumlah peserta UN sebanyak 8.048 siswa SMP dan MTs di Kabupaten Siak. Mereka ini terdiri dari 94 SLTP, SMPLB 1 sekolah dan MTs sebanyak 35 sekolah.

 "UN dilaksanakan dari 9 sampai 12 Mei 2016. Sebelum pelaksanaan UN dilakukan, seluruh siswa sudah diberi persiapan seperti melakukan uji coba UN atau pra ujian nasional," katanya.

 Pengumuman kelulusan SMP/MTs tanggal 11 Juni 2016. Untuk hari pertama siswa mengikuti UN dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari keempat dengan mata pelajaran IPA.(rls)