LHOKSEUMAWE - Sebanyak 74 prajurit TNI yang akan berdinas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Korem 011/Lilawangsa mengikuti pembekalan dan pelatihan kewirausahaan, di perternakan Pak Ulis, Simpang Keramat, Aceh Utara, Rabu (9/1/2019).

Mukhlis Azhar yang sering disapa Pak Ulis, memang sudah dikenal sebagai tokoh yang peduli dengan dunia Usaha Mandiri khususnya di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Namun menjadi pemateri pelatihan para calon Babinsa, Pak Ulis bertujuan memberikan gambaran tentang pengetahuan usaha mandiri diantaranya peternakan kambing kepada para prajurit TNI yang akan menjadi Babinsa.

Berbagai Usaha Mandiri yang ditekuni Pak Ulis hampir semuanya dikatakan berhasil, termasuk usaha ternak sapi yang sampai saat ini dapat dikatakan sebagai contoh dalam mengembangkan usaha para calon Babinsa nantinya dapat memahami dan mengerti proses pengelolaan peternakan kambing baik kesehatan hewan itu sendiri hingga mampu memproduksi sekaligus mengaplikasikan kepada masyarakat desa, katanya.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto  mengatakan, kepada seluruh calon Babinsa dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan dapat menjadi pembekalan dan memiliki pengetahuan umum diantaranya usaha ternak kambing secara terpadu, serta dapat menghitung dan membuat komposisi pakan ternak yang baik.

“Pelatihan ini nantinya menjadi pembekalan yang bermanfaat dan akan kalian kembangkan dalam membantu usaha masyarakat di Desa-desa tempat kalian bertugas nantinya, umumnya di masyarakat luas dalam mengaplikasikannya, sehingga inilah yang disebut Profesionalisme TNI untuk Rakyat”, pungkas Danrem Kolonel Inf Purmanto. ***