BENGKALIS - Berdasarkan citra satelit SNPP (Suomi National Polar-orbiting Partnership) sore ini, terpantau titik api di Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Riau, Sabtu (5/1/2019).

Kepala Operasi Manggala Agni (Dumai, Bengkalis, Rohil), Jusman kepada GoRiau.com mengatakan, bahwa luas lahan yang terbakar di desa tersebut sekitar 7 hektar.

"Setelah dilakukan pengecekan oleh Regu IV Manggala Agni KLHK Daops Dumai, memang benar terjadi kebakaran di lahan warga. Tanaman yang terbakar jenis ilalang," kata Jusman.

Kebakaran tersebut dititik koordinat Titik N  01.38789 dan E 101.389, sambungnya. Api saat ini sudah berhasil dipadamkan dengan bantuan masyarakat.

"Kita sudah melakukan penyekatan area yang terbakar agar tidak meluas. Sekarang ini kondisinya hanya tersisa asap-asap kecil dibeberapa titik," ungkapnya.

Kondisi di lapangan, masih dikatakannya, merupakan tanah gambut dan kondisi air sangat cukup. Sehingga api dengan cepat bisa dipadamkan.

"Kia menurunkan 3 unit mesin robin untuk memadamkan dan melakukan pendinginan. Kita juga telah mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," jelasnya. ***