PEKANBARU, GORIAU.COM - Paling sedikit enam puluh bus disiapkan untuk sarana transportasi atlet Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) ke-XIV 2012. Kenderaan bus ini nantinya akan didesain khusus untuk orang cacat sesuai dengan kebutuhan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Riau, Surya Maulana kepada wartawan di kantor Gubernur Riau, Kamis (27/9/2012) mengatakan, modifikasi dilakukan pihak penyedia sarana transportasi sebelum tiba di Pekanbaru.

Beberapa bagian yang akan di modifikasi tersebut adalah kursi dan tangga naik kenderaan. Untuk tangga naik kenderaan dan kursi ini memang harus diperhatikan betul, mengingat untuk penyandang cacat yang menggunakan kursi roda tentu tidak semudah bagi mereka yang masih bisa berjalan.

''Bus pembawa atlet dimodifikasi, supaya memudahkan atlet masuk ke dalam kenderaan," kata Surya.

Kenderaaan bus yang disediakan sebanyak 60 unit, sama seperti yang dipergunakan pada PON XVIII lalu. Hanya saja yang membedakan sebelum digunakan harus dimodifikasi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan. Sebelumnya kata Surya, Pemprov berencana mencarikan kenderaan bus yang khusus membawa orang cacat di daerah Solo Jawa Tengah. Tapi ternyata tidak dipergunakan lagi.

"Tadinya kita ingin menyediakan mobil khusus untuk orang cacat. Kita sudah cek, tapi tidak ada lagi," terang Surya.

Surya berharap, kepada petugas pembawa bus ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Begitu juga untuk Liaision Officer (LO), pihak Pemprov berharap agenda Peparnas tersebut akan berjalan sukses. (nti)