PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebanyak 300 Liaisian Officer (LO) disiapkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI 2012. LO tersebut diambil dari mereka yang bertugas saat PON XVIII 2012 lalu. Saat ini para LO tengah menjalani pelatihan di Hotel Ratu Mayang untuk memantapkan persiapan mereka.


Ketua PB Peparnas XIV, Emrizal Pakis dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan meminta kepada seluruh LO yang terjun nanti agar mampu menyesuaikan diri di lapangan bersama paralimpian. Sebab, tugas mereka sekarang sangat berbeda ketika di PON XVIII lalu.


''Mungkin akan ada hal-hal baru yang saudara (LO) temukan nantinya, namun saudara harus bisa mengkondisikan dan menyesuaikan dengan paralimpian,'' harap Emrizal dalam sambutannya.


Sementara itu, Ketua Bidang SDM PB Peparnas, Gumpita, di tempat yang sama mengatakan, seluruh LO yang direkrut ini sudah melalui prosedur pengesahan baik pihak PB Peparnas maupun PP NPC.


Dimana yang dipilih tidak hanya mereka yang punya wawasan luas atau dari penampilan, tapi lebih kepada kesabaran dan keikhlasan dalam mendampingi kontingen nantinya "Mereka diambil secara purposiv dari LO yang terlibat PON. Dan kesabaran tinggi diharapkan mampu diterapkan selama mendampingi kontingen nantinya," sebut Gumpita.


Seluruh LO ini akan bertugas selama 12 hari kerja. Terkait honor akan disamakan seperti waktu PON lalu, yakni Rp200 ribu, namun konsumsi dilebihkan menjadi Rp75 ribu.(nti/rsc)