PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan membangun jembatan permanen pada 2015 untuk Sungai di Desa Cipang Kanan, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), yang hanyut dibawa banjir beberapa waktu lalu.

Pembangunan jembatan tersebut sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau Tahun 2015. Ada pun anggaran yang disediakan sebesar Rp5 miliar.

"Jembatan itu sebenarnya dalam tahap pembangunan, namun derasnya hujan sehingga sungai (Mentawai, red) meninggi menyebabkan jembatan tersebut terbawa arus," kata Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Riau, Syafril Buchari kepada GoRiau.com, Senin (1/12/2014).

Sementara saat ini, Pemprov Riau akan membangun Jembatan Darurat menjelang jembatan tersebut dibangun baru. "Yang penting fungsional dulu," sambung Syafril.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jembatan Sungai Mentawai di Desa Cipang Kanan, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), yang hanyut dibawa banjir menyebabkan warga dari empat desa terisolasi karena tidak bisa menyeberang kecuali menggunakan rakit.

Sebelumnya, jembatan itu juga sudah ambruk pada bulan April. 4 Desa di Rokan IV Koto yang terisolasi adalah Desa Cipang Kiri Hilir, Cipang Kiri Hulu, Cipang Kanan dan Tibawan.

Dampak ambruknya jembatan yang merupakan satu-satunya akses ke ibukota Kecamatan Rokan IV Koto ini membuat ekonomi masyarakat menjadi lumpuh, kemudian harga bahan pokok melambung tinggi, karena ongkos transportasi menjadi dua kali lipat baik itu harga beras, sayur-sayuran, gula, cabe dan bahan pokok lainnya.***