PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa dan Kelurahan (PPIDK) Kabupaten Pelalawan tahun 2014, masih dalam tahap musyawarah di tingkat desa. Dipastikan dalam bulan Juni 2014 mendatang, pelaksanaanya sudah bisa berjalan.


"Kita pastikan Juni nanti program PPIDK sudah berjalan, meski saat ini masih tahap musyawarah di tingkat desa,"terang Kepala BPMPD Pelalawan, Zamur Das, Minggu (25/5/2014).


Dijelaskan Zamur, untuk tahapan pelaksanaanya, terlebih dulu dilakukan pemilihan pengurus kelompok swadaya masyarakat (KSM) sebagai pelaku pembangunan melalui dana PPIDK.


"Selanjutnya KSM akan memasukkan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan Desain Engineering Detail (DID) bersama pihak Kecamatan,"katanya.


Disampaikan Zamur, untuk prosesnya masih sama seperti tahun lalu, dimana tim dari Pemkab akan turun ke lapangan untuk memantau pembangunan yang akan dilaksanakan sesuai RAB dan DID yang telah diajukan melalui Kecamatan.


"Dana PPIDK dengan anggaran Rp.400 juta hingga Rp.500 juta diharapkan bisa menggesa pembangunan di desa dan kelurahan, baik berupa pembangunan jalan, semenisasi, jembatan dan jaringan listrik,"ucapnya.


Disebutkan Zamur, anggaran PPIDK tahun 2013 sebesar 60,7 miliar include dengan aggaran APBD-P. Sedangkan untuk APBD murni tahun 2014 senilai 60,7 miliar belum masuk anggaran APBD-P.


Ditambahkanya, dari usulan masuk, pembangunan jaringan listrik mendominasi dari banyaknya usulan yang ada.


"Sekitar 40 desa yang mengusulkan untuk pembangunan jaringan listrik melalui dana PPIDK ini,"tutupnya.(rkn)