PEKANBARU - Jumlah titik panas (hotspot) yang muncul di Provinsi Riau, pada Senin (24/2/2020) sore, meningkatkan drastis dibandingkan pagi tadi yang hanya enam titik panas.

Berdasarkan pantauan satelit, Riau diketahui menyumbang 20 hotspot dari total 31 hotspot yang terdeteksi di Pulau Sumatera, pada Senin sore.

Prakirawan BMKG Pekanbaru, Mia Vadilla mengatakan, bahwa 31 hotspot di Sumatera tersebut tersebar di Riau sebanyak 20 titik, Bengkulu tujuh titik, Sumatera Utara (Sumut) dua titik, serta Sumatera Barat (Sumbar) dan Lampung masing-masing satu titik.

"Sebanyak 20 hotspot yang terdeteksi di Riau ini berada di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Pelalawan masing-masing delapan titik, serta Bengkalis empat titik," kata Mia di Pekanbaru, Senin sore.

Dari jumlah tersebut, diketahui ada lima titik yang berada di level confidence di atas 70 persen atau diduga sebagai titik api. Yakni, tiga titik di Kecamatan Rangsang Pesisir Kepulauan Meranti dan dua titik di Kecamatan Rupat Bengkalis.

"Bahkan, satu titik di Rangsang Pesisir berada di level confidence 100 persen, dan dua diantaranya di level confidence 81-87 persen. Sedangkan, dua titik di Rupat berada di level confidence 71 persen dan 78 persen," ujarnya.***