PEKANBARU, GORIAU.COM - Kebakaran hebat hanguskan dua unit kios, Kamis (20/8/2015) malam tadi, sekitar pukul 22.00 WIB, di Dusun II, Pulau Desa Rumbio Kecamatan Kampar, Riau, tepatnya di tepi Jalanraya Pekanbaru- Bangkinang km 46. Musibah ini menewaskan dua orang anak penyewa kios dan dua lainnya mengalami luka bakar serius.


Warga disekitar lokasi dikagetkan oleh jeritan minta tolong Darlis (penyewa salahsatu kios,red), sekitar pukul 22.30 WIB. Lantaran penasaran, mereka keluar rumah, dan melihat Darlis berlari dari dalam kios, dengan keadaan tubuh terbakar. Sontak saja warga langsung berupaya memadamkan api di badannya.


Sementara, api kian membesar membakar dua unit kios yang posisinya berdekatan. Sempat Darlis meminta tolong warga untuk menyelamatkan dua orang anaknya, Dewi Sartika (20) dan Aldo (6), yang masih terkurung di dalam kios itu.


Tapi apadaya, kobaran api menghalangi evakuasi tersebut, sehingga warga hanya bisa membantu memadamkan api seadanya, sambil menunggu regu Damkar tiba.


Sekitar pukul 23.00 WIB, regu Damkar dan warga akhirnya berhasil menjinakkan api. Sedangkan Darlis seorang pemilik kios bernama Zaidar (42) yang mengalami luka bakar, dilarikan ke Rumah Sakit Umum Bangkinang. Sementara itu, tim langsung menyisir bangunan dimana ada dua korban lainnya.


"Di dalam kios ditemukan dua orang korban yang sudah meninggal dengan kondisi hangus terbakar dan tidak utuh lagi. Kedua jenazah langsung di bawa ke RSUD Bangkinang," ujar Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, Jumat (21/8/2015) pagi.


Berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, sambung Guntur, penyebab kebakaran diduga karena hubungan pendek arus listrik. Adapun Darlis, keseharian membuka usaha tambal ban dan minyak eceran. "Kerugian materil ditaksir sekitar Rp150 juta. Polisi sudah memasang garis polisi disekitar lokasi," tukasnya. (had)