SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak Drs. Kadri Yafis, M.Pd mengintruksikan kepada seluruh Kepala Sekolah di Kabupaten Siak untuk meliburkan siswanya. Hal itu dilakukan akibat kabut asap semakin pekat.


Intruksi tersebut disampaikan melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan di setiap kecamatan. Namun tidak untuk sekolah yang berada di Kecamatan Kandis. Sebab, udara disana menurut Kadri masih normal.


"Sekolah di Kandis tidak libur, namun 13 kecamatan lainnya iya," ujar Kadri saat dihubungi GoRiau.com, Senin (10/2/2014) malam.


Sementara itu, untuk 13 kecamatan yang diliburkan tersebut, tidak semua siswa yang mendapat izin. Siswa yang tetap bersekolah adalah siswa kelas 6, 9 dan 12. Karena, kata Kadri, siswa tersebut akan mengikuti Ujian Nasional (UN). "Sebentar lagi UN, siswa tersebut tetap sekolah," tegas Kadri.


"Ya, mungkin jam masuknya kelasnya yang tidak seperti biasa. Bisa saja mereka datang jam 8.00 atau 8.30 Wib," sambung Kadri. Jam tersebut menurut Kadri kabut asap tidak terlalu pekat lagi. Ketika di sekolah, Kadri meminta siswa tidak beraktivitas di luar ruangan. "Walaupun jam istrahat, tetap di dalam kelas," tambahnya.


"Para siswa akan libur hingga Hari Rabu besok," ujar Kadri. Namun, jika situasi kabut asap juga tidak ada perkembangan, masa libur siswa akan diperpanjang.(san)