PEKANBARU - Sebanyak 128 mahasiswa dari sembilan fakultas Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, menerima beasiswa peningkatan perestasi akademik (PPA). Total beasiswanya mencapai Rp1,2 miliar untuk tahun ini dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

Wakil Rektor III Unilak, Dr Eddy Asnawi mengatakan, bahwa penerima beasiswa PPA Unilak pada tahun ini meningkat, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Dibandingkan tahun lalu, jumlah penerima beasiswa tahun ini meningkat. Tahun lalu jumlah penerima tidak sampai 100, bahkan hanya sekitar 90-an orang. Namun tahun ini menembus angka 128 orang," sebut Eddy saat memberi pengarahan kepada mahasiswa penerima beasiswa dalam membuka buku rekening bank di aula pustaka, Rabu (23/10/2019).

Diungkapkannya dalam pencairan dana beasiswa nantinya akan dilakukan secara bertahap dengan dua kali pencairan. "Sebesar Rp4,8 juta akan dicairkan per semester dari Rp9,6 juta per tahun. Ini dibayarkan per tahap," tambahnya.

Eddy berpesan penerima beasiswa PPA dapat menggunakan beasiswa tersebut sebaiknya-baiknya untuk kepentingan perkuliahan, sehingga mampu meningkatkan prestasi akademik. Sebab salah satu persyaratan agar dapat menerima beasiswa ini dilihat dari ukuran IPK minimal 2,76. Kemudian apa saja prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa.

"Ini menjadi tolak ukur sebagai penerima beasiswa PPA, tak lupa dalam menyeleksi penerima beasiswa juga dilihat dari perekonomian mahasiswa," tambahnya.

Eddy melanjutkan, sekitar 200 permohonan yang diajukan, hanya 128 kuota yang tersedia. Hal ini dikarenakan dana dari APBN yang di teruskan ke LLDIKTI memiliki kuota yang tersedia. "Harapan kita semakin banyak yang diberikqb ke mahasiswa," tutupnya.

Sementara salah satu mahasiswi penerima beasiswa, Reni, dari FKIP Unilak merasa senang dan bersyukur telah menerima beasiswa. "Alhamdulillah, beasiswa ini sangat menolong dan akan saya gunakan untuk biaya kuliah dan keperluan kampus lainnya," kata Reni.***