PEKANBARU - Dalam rangka menyukseskan Sensus Penduduk 2020 (SP2020), Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau juga akan menyebar sebanyak 10.400 petugas sensus ke seluruh pelosok desa yang ada di Riau.

Kepala BPS Riau, Misfaruddin mengatakan, bahwa 10.400 petugas sensus ini direkrut dari warga di sekitar desa yang akan disensus, tujuannya agar memudahkan proses wawancara dalam sensus penduduk itu sendiri.

Yang mana, sensus penduduk dengan wawancara ini sendiri akan dimulai pada 1-31 Juli 2020. Ini merupakan sensus lanjutan dari sensus penduduk online yang telah dimulai tanggal 15 Februari kemarin dan akan berlangsung hingga 31 Maret 2020.

"Kami menyadari wilayah pelosok di Riau ini banyak. Makanya kami ambil petugas sensus ini dari desa-desa di kecamatan yang akan di sensus. Supaya bisa menjangkau semuanya. Totalnya ada 10.400 petugas sensus yang akan disebar," kata Misfaruddin di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (17/2/2020).

Ia pun berharap masyarakat yang didatangi petugas sensus dapat berpartisipasi aktif dalam memberikan informasi.

"Semua yang memiliki NIK maupun yang belum memiliki NIK akan tetap kami wawancara. Asalkan sudah satu tahun tinggal di Riau, akan tetap kami sensus. Makanya kami berharap masyarakat dapat memberikan informasi yang akurat saat petugas sensus datang. Mari sukseskan Sensus Penduduk 2020," ujarnya. (advertorial)