PEKANBARU - Kontingen Saka Bakti Husada (SBH) Provinsi Riau yang pesertanya terdiri dari anak-anak pramuka tengah dipersiapkan untuk mengikuti ajang Perkemahan Tingkat Nasional (Pertinas) yang akan diselenggarakan di Blitar, Jawa Timur.

"Dalam hal ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau berperan melakukan pembekalan melalui training center. Ini (Saka Bakti Husada) merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan untuk membaktikan diri kepada masyarakat dalam bidang kesehatan," ungkap Kepala Diskes Provinsi Riau, Andra Sjafril kepada GoRiau.com di Bapelkes Pekanbaru, Jumat (13/10/2016).

Dikatakannya, training center ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan terhadap utusan Riau sebanyak 24 orang dari kwarcab dan empat Bindam kwarda untuk mengikuti Pertinas yang akan diselenggarakan di Blitar, Jatim pada tanggal 16 Oktober-21 Oktober 2016 mendatang.

"Saka Bakti Husada sebagai kader pembangunan di bidang kesehatan dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi masyarakat di lingkungannya," jelas Andra didampingi Kabid Promkes dan Kesga Diskes Riau, Faridah Hanum.

Disambung oleh Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Diskes Riau, Rozita, mengatakan bahwa Saka Bakti Husada merupakan salah satu kegiatan binaan Promkes yang diharapkan mampu membantu masyarakat untuk medapatkan pelayanan kesehatan.

"Nantinya kami akan mengaktifkan kegiatan Saka Husada Bakti dengan mendirikan sanggar di Diskes Riau," tutur Rozita.

Adapun krida-krida dalam Saka Bakti Husada, sebagai berikut: Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). ***