PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution usai mengambil sumpah dan melantik pejabat eselon III dan IV Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, kemarin, langsung melakukan ziarah ke makam raja-raja di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), yang memiliki sejarah dengan marga Nasution dan etnis Mandailing.

Edy Nasution mengatakan kepada GoRiau.com, bahwa banyak situs sejarah di Rohul yang harus dijaga dan dipelihara dengan baik. Sehingga, kedepannya situs sejarah ini bisa menjadi destinasi wisata sejarah bagi masyarakat lokal maupun international yang akan melakukan penelitian.

"Kita akan membuat destinasi wisata sejarah ini tanpa menghilangkan bentuk aslinya. Dan saya berharap, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mendukung program tersebut dalam mengembangkan potensi wisata di Riau," kata Edy Nasution, Rabu (8/1/2020).

Hari ini Edy Nasution, akan meresmikan Bagas Godang Huta Haiti dan seminar menelusuri sejarah masuknya Etnis Mandailing di Rokan Hulu. Edy Nasution juga berencana menyampaikan Tarombo atau silsilah suku Mandailing yang ada di Rokan Hulu.

"Namora Gompar Sutan Sinomba Sinoru merupakan Raja di Sungai Garingging, yang merupakan datuk moyang suku Mandailing marga Nasution di Kabupaten Rokan Hulu, Riau (berdasarkan versi Rambah Rokan Hulu dari Tarombo)," cerita Edy Nasution.

Singkat cerita, Namora Gompar Sutan Sinomba Sinoru yang bergelar Si Panyolut di Huta Baru, merupakan anak ketujuh dari Sibaroar yang terkenal dengan kesaktiannya. Sibaroar merupakan anak kedua buah perkawinan antara Sutan Iskandar Muda Pitala Guru bergelar Sutan Penyalinan dengan Suri Andung Jati bergelar Sutan Perempuan.

Sutan Iskandar Muda merupakan keturunan dari Sutan Mahmud Syah dari Kerajaan Irak dan Sutan Mahmud Syah ini merupakan keturunan dari Sutan Harunurrasyid Kerajaan Baghdad, Irak, Jazirah Arab. Sementara ibu Sibaroar yang bernama Suri Andung Jati bergelar Sutan Perempuan ini merupakan keturunan dari Sutan Sinomba Sinoru, yang berasal dari Kerajaan Kayangan, Lumban Julu, Indonesia.

Dalam Tarombo diceritakan, karena perang saudara Sutan Perempuan membawa anak keenam Sutan Tua Raja Solut yang menjadi Raja di Batang Samo dan anak ketujuh yang paling kecil bernama Namora Gompar Sutan Sinomba Sinoru ke Kerajaan Rambah.

Keturunan ke 13 Raja Namora Gompar Sutan Sinomba Sinoru (berdasarkan silsilah dalam Tarombo versi Rambah Rokan Hulu), yaitu Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024. ***