PEKANBARU – Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengumpulkan zakat profesi sebesar Rp7 miliar tahun ini. Hal ini seperti disampaikan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Senin (9/5/2022).

"Saya telah mengeluarkan instruksi supaya PNS Pemko Pekanbaru harus mengeluarkan zakat profesi. Zakat profesi yang terkumpul sekitar Rp7 miliar," ujarnya.

Ia menjelaskan, zakat yang terkumpul kemudian sudah disalurkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Dimana, penyaluran ini diberikan kepada lima program yang ada di Baznas.

"Zakat profesi ini kami salurkan dalam lima program Baznas. Saya yakin bahwa target zakat Rp12 miliar bisa dicapai Baznas tahun ini," jelasnya. 

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru telah membuat program unggulan bagi Baznas. Dimana ada lima program yang terdiri dari Pekanbaru Sehat yang berbentuk bantuan kesehatan kepada masyarakat yang tidak tertampung oleh jaminan sosial pemerintah.

Kemudian, Pekanbaru Cerdas untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak yang tidak mampu. Pekanbaru Makmur untuk membina kelompok masyarakat agar bisa berusaha dan mandiri.

Selanjutnya ada Pekanbaru Takwa yang merupakan bantuan bagi penceramah yang kesulitan keuangan dan rumah ibadah di lingkungan masyarakat berpenghasilan rendah. Lalu, Pekanbaru Peduli untuk bantuan kepada kaum duafa.***