SIAK SRI INDRAPURA - Selain Istana Siak, Danau Naga Sakti yang terletak di desa Dosan, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak merupakan salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara saat libur lebaran kemarin.

Selain ingin melihat keindahan danau tersebut wisatawan juga penasaran dengan situs sejarah ratusan tahun silam. Apakah di danau itu memang masih hidup seekor ular sakti seperti dalam legendanya atau tidak, yang jelas tak terlihat ada warga yang berani memancing di sana.

"Dari sejarahnya yang kita baca itu, ada legenda rakyat juga yang kemudian danau ini diberi nama Danau Naga Sakti. Tapi benar atau tidak legenda itu kita pun tidak tahu, namun kita ingin datang dan melihat langsung tempat tingga si anak yang berwujud ular dan diusir dari Kampungnya. Ternyata danaunya memang indah, airnya tenang, danaunya dikelilingi pohon-pohon yang rindang dengan suasana alam yang masih asri," ujar Rama kepada GoRiau.com beberapa waktu lalu usai mengunjungi danau naga sakti.

Menurut Rama, pemerintah Siak sebaiknya juga memperhatikan infrastruktur Jalan menuju danau tersebut, dimana potensi wisata Siak ini jelas akan menambah PAD Siak jika dikelola dengan baik. Wisatawan manca negara pun tak akan bosan mengunjungi Danau Naga Sakti ini.

"Semoga jalan menuju Danau naga Sakti ini bisa lebih baik lagi kedepannya. Sayang jika pemerintah membiarkan objek wisata yang indah ini sepi pengunjung hanya karena jalannya yang buruk. Kalau Jalannya bagus, yang sudah pernah datang pasti akan datang lagi," tukas Rama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak, Irving saat dikonfirmasi GoRiau.com menyebutkan, harapan masyarakat tersebut sudah diupayakan sejak lama oleh Bupati Syamsuar. Namun status Jalan yang merupakan area konservasi PT Arara Abadi masih menjadi kendala.

"Saat ini infrastruktur Jalannya masih pengerasan denhan lapisan base 'C'. Jika proses lahan konservasi yang telah disampaikan Pak Bupati Syamsuar kepada Ibu Menteri LHK sudah selesai, maka Pemkab Siak dapat menindaklanjuti peningkatan Jalan menjadi Aspal. Bahkan akan kita tingkatkan layaknya kawasan wisata yang mempunyai infrastruktur yang baik," kata Irving.

Selanjutnya, masih kata Irving, Pak Bupati Syamsuar juga sangat komitmen dalam pengembangan objek wisata yang ada di Kabupaten Siak ini. Tentunya semua itu juga harus didukung dengan sarana Jalan yang baik. Danau Naga Sakti ini menjadi kawasan wisata air unggulan destinasi wisata Siak.***