PEKANBARU - Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Minggu (13/11/2016)) malam tadi mengakibatkan longsor di tiga titik ruas jalan Lintas Barat yang hubungkan Provinsi Riau dengan Sumbar.

Menurut kepolisian setempat, longsor melanda area KM 77, Dusun Rantau Berangin Desa Merangin Kecamatan Kuok. Derasnya hujan di sana membuat material longsor berupa tanah bercampur batu serta kabel listrik PLN, menutupi badan jalan.

Akibatnya, arus lalulintas dari kedua arah sempat terputus. Dinas PU Provinsi pun harus menggunakan alat berat, untuk membuka jalan agar bisa dilewati kembali, dengan dibantu pula oleh pihak kepolisian.

Lokasi longsor yang kedua melanda KM 80, Dusun Rantau Berangin Desa Merangin Kecamatan Kuok. Di sini material longsor berupa bongkahan batu cadas yang berada disisi jalan, jatuh menutupi sebagian badan jalan. Namun masih bisa dilewati kendaraan dengan sistem buka tutup.

Ketiga, longsor melanda KM 82, Dusun Rantau Berangin Desa Merangin Kecamatan Kuok, di mana material longsor berupa tanah bercampur kayu menutupi sebagian badan jalan dan saat ini telah bisa dilalui dari kedua arah.

Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardi melalui Kapolsek Bangkinang Barat, Iptu Wan Mantazakka mengatakan, beberapa saat setelah kejadian, pihaknya langsung menghubungi dinas PU Provinsi untuk segera mendatangkan alat berat berupa Loader ke lokasi.

Dengan pengamanan petugas Kepolisian dari Polres Kampar dan Polsek Bangkinang Barat, alat berat langsung bekerja membersihkan material longsor yang menutup bahu jalan, sehingga arus lalulintas dari kedua arah dapat kembali melewati jalan ini.

Sekitar pukul 04.00 WIB, Senin (14/11/2016) subuh, pekerjaan dihentikan sementara dan akan dilanjutkan pada pukul 09.30 WIB ini. "Kita imbau kepada masyarakat yang melewati daerah ini untuk berhati-hati dan waspada," ujar dia, Senin (14/11/2016) pagi. ***