PEKANBARU - Warga Pekanbaru Riau perlu waspada. Pasalnya, penularan virus Corona (Covid-19) tidak lagi dari orang yang pulang dari daerah terjangkit tapi sudah di dalam Kota Pekanbaru.

''Ada temuan dari pasien No 30 dengan inisial NT, berusia 60 tahun. Warga kecamatan Marpoyan Damai ini tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit, namun yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab yang dilakukan oleh tim Balitbangkes Jakarta,'' kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Riau, dr Indra Yopi, Minggu (19/4/2020).

Karena itu, Indra Yopi meminta semua warga Pekanbaru berhati-hati lagi dan lebih waspada. ''Tetap di rumah, jangan keluar rumah kalau memang tidak ada sesuatu yang penting, rajin cuci tangan setiap saat, jangan lupa pakai masker jika memang harus bepergian keluar rumah,'' tegasnya.

Saat ini pasien NT yang dinyatakan positif tersebut sedang menjalani perawatan di ruang isolasi di RSUD Arifin Ahmad.

Hingga saat ini total kasus pasien positif Covid-19 di Riau ada 30 orang. Sembilan diantaranya sudah sembuh dan ada empat orang yang meninggal dunia.

''Lakukan pysikal distancing, mari kita saling bantu, saling mendukung untuk sama-sama menghadapi badai Covid-19 ini agar cepat berlalu dan kehidupan kita bisa kembali normal. Dan itu dibutuhkan peran masyarakat untuk tidak melakukan sosial dan pysikal tanpa dibarengi dengan distancing,'' ujarnya. ***