TEBINGTINGGI - Hujan tidak menjadi kendala bagi ratusan para Santi di Pesantren Al Hasyimiyah Tebingtinggi menggelar Peringatan Hari Santri tahun 2018 Selasa (23/10).

Spontan, Aula pesantren di kawasan Padang Merbau itu dijadikan lokasi alternatif sembari mendengar materi bimbingan Walikota Tebingtinggi terkait Hari Santri di kota itu.

Walikota Umar Zunaidi dihadapan ratusan santri Al Hasyimiyah dan Kepala Kemenag menyampikan bahwa peran ulama dan lara santri memiliki peran dan kontribusi besar dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

Pemerintah berharap jiwa ulama santri era-1945 dapat dilanjutkan oleh anak-anak santri yang akan berjuang di medan yang lebih hebat lagi.

Umar menekankan bahwa generasi Anak-anak harus mengetahui,bahwa islam menghendaki umatnya meraih keselamatan dunia dan akhirat.

Dunia sebagai langkah persiapan merebut akhirat. Jika tidak direbut,maka akan menjadi follower,bukan menjadi pemimpin.

Dalam bimbingannya,Islam menghendaki agar umatnya menjadi pemimpin dalam merubah berbagai aspek agar menjadi baik dan lebih maju.Tentu hal itu didorong oleh kemampuan yang dimiliki.

Saat ini tantangan di era digitalisasi dan revolusi teknologi yakni 4-0, dimana tenaga manusia digantikan dengan teknologi. Anak pesantren harus siap menghadapi perkembangan itu.

Santri itu mempunyai otak yang pintar, cerdas, berakhalakarimah dan mempunyai dasar akidah dan mental yang sangat kuat.

Ilmu pengetahuan dan tehnologi (Iptek) komputerisasi dalam era digitalisasi tanpa dibarengi dengan akidah tidak berarti apa-apa.

Menjadi santri harus punya kemampuan berkreatifitas, berkomunikasi dengan baik, sanggup menjawab berbagai tantangan.

Islam lillalamin tidak memandang perbedaan akidah hingga menjurus permusuhan, Islam tidak mengajarkan hal itu, hingga membentuk Santri yang barakhlakulkarimah.

Tahun mendatang, Umar menegaskan jelang perayaan Santri akan dibarengi acara festival yang akan dikemas dengan berbagai kegiatan.

“Mari kita senantiasa bermohon kepada Allah SWT agar dapat terus mengembangkan ilmu dunai dan ilmu akhirat.***