BENGKALIS, GORIAU.COM - Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno meminta kepada Badan Perpustakaan Umum Arsip dan Dokumentasi untuk selalu meningkatkan pelayanan dan berinovasi. Apalagi perpustakaan Bengkalis telah terpilih untuk mewakili lomba pustaka tingkat nasional.

''Fasilitas perpustakaan yang kita miliki sudah sangat bagus dan memadai. Saya minta agar pihak pengelola untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan, sehingga keberadaan perpustakaan terus diminati oleh masyarakat Bengkalis,'' ungkap Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno saat meninjau Perpustakaan di Jalan Pertanian, Selasa (18/6).

Kehadiran Wabup ke perpustakaan dalam rangka untuk melihat langsung kesiapan jelang penilaian dari tim pusat akan yang datang ke Bengkalis. Penilaian tersebut berkaitan erat dengan terpilihnya BPUAD Bengkalis sebagai nominator lomba pustaka tingkat nasional.

Kedatangan Wabup disambut Kepala BPUAD, Khairuddin R Nur dan sejumlah pegawai. Wabup langsung menuju ke lantai dua dan tiga untuk meninjau buku-buku, katalog dan ruangan serta fasilitas yang ada di perpustakaan tersebut. Wabup mengapresiasi pihak pengelola yang terus berusaha memberikan pelayanan terbaik demi kemajuan perpustakaan.

Ditambahkan Wabup, perpustakaan memegang peran penting dalam menumbuhkembangkan minat baca bagi generasi muda dan masyarakat. Pihak pengelola dituntut harus pandai berinovasi dan berkreasi demi menarik minat warga untuk datang ke pustaka. ''Bila perlu seluruh ruangan dilengkapi dengan pendingin udara sehingga orang yang datang merasa nyaman. Disamping itu, tentunya buku-buku yang ada harus terus ditingkatkan, disesuaikan kebutuhan generasi muda, pelajar dan mahasiswa,'' ungkapnya.

Pemerintah berperan penting dalam memajukan perpustakaan demi meningkatkan gemar membaca, sehingga akan tumbuh generasi yang memiliki pengetahuan luas. Jika kesadaran minat baca di kalangan masyarakat meningkat, kelak Bengkalis akan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. (jfk)