PEKANBARU - Program beasiswa pendidikan PT Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) dalam bidang pendidikan yang ditujukan untuk siswa tingkat SMA dan SMK dan mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berasal dari wilayah operasional perusahaan tersebut diharapkan dapat menurunkan angka putus sekolah di Riau.

Demikian disampaikan oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution saat menghadiri acara penyerahan bantuan beasiswa bagi siswa SMA/SMK dan perguruan tinggi dari PT RAPP di Hotel Pangeran Pekanbaru, pada Rabu (27/11/2019).

"Komitmen PT RAPP dalam meningkatkan akses pendidikan dengan memberikan beasiswa bagi anak-anak kami yang khususnya berasal dari keluarga tidak mampu sangat berarti. Program ini kami harapkan dapat menurunkan angka putus sekolah pada tingkat pendidikan menengah dan perguruan tinggi," kata Wagubri.

Apa lagi kata Wagubri, penyerahan beasiswa pendidikan oleh PT RAPP ini sudah berjalan untuk sekian kalinya. Yang mana, jumlah penerima bantuan beasiswa pendidikan ini mulai 2006 sampai 2019 totalnya telah mencapai 3.955 orang yang berasal dari lima wilayah operasional PT RAPP di Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi (Kuansing), dan Siak.

"Kami berharap bantuan pendidikan dari PT RAPP ini dapat dikembangkan. Sehingga tidak hanya anak-anak di wilayah operasional perusahaan saja yang mendapat beasiswa, tetapi bisa dikembangkan juga untuk anak-anak di luar wilayah operasi," pinta Wagubri.

Di tempat yang sama, Direktur RAPP, Rudi Fajar pun mengaku memahami apa yang menjadi usulan Wagubri tersebut.

"Itu benar, kita semua memang harus keroyokan untuk membangun daerah, khususnya dalam bidang pendidikan," ujar Rudi.

Menurutnya, RAPP memang awalnya fokus pada anak-anak di wilayah operasional saja. Namun, mereka juga memiliki program tersendiri untuk membantu anak-anak di luar wilayag operasi perusahaan bubur kertas tersebut.

"Namun di luar itu juga kan, kami mempunyai mitra-mitra yang bekerjasama dengan RAPP. Jadi mitra-mitra RAPP di daerah ini juga melakukan hal yang sama untuk membantu kabupaten dan kota yang belum tercover," kata Rudi.

Ia pun menjelaskan, bahwa setiap tahunnya ada sebanyak 100 mahasiswa dan 300 siswa SMA/SMK yang mendapat beasiswa dari PT RAPP. Mereka adalah anak-anak muda yang berasal dari keluarga kurang mampu dan tinggal di sekitar daerah operasional perusahaan serta mengenyam pendidikan di Riau.

Perusahaan pulp dan kertas yang beroperasi di Pangkalan Kerinci ini telah memberikan beasiswa kepada siswa tingkat SMA/SMK/MA sejak tahun 1999 kepada para siswa di sekitar lima daerah operasional, yakni Kabupaten Pelalawan, Siak Sri Indrapura , Kuantan Singingi, Kampar dan Kepulauan Meranti. Para penerima beasiswa ini diseleksi sejak semester 1 untuk beasiswa tingkat perguruan tinggi atau kelas 11 untuk beasiswa tingkat SMA/SMK.

Keberlangsungan pendidikan untuk generasi penerus bangsa bukan hanya menjadi perhatian pemerintah saja, tetapi perusahaan juga selalu tergerak untuk mendukung pendidikan. Direktur PT RAPP, Rudi Fajar mengatakan pihaknya tidak bekerja sendirian, tapi juga berkolaborasi dengan pihak pemerintah seperti pemerintah desa dan sekolah untuk mencari siswa yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk menunjang pendidikan mereka, sekaligus meningkatkan prestasi belajar.

Program beasiswa pendidikan merupakan kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada tujuan nomor empat, yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat.

"Program beasiswa ini menjadi salah satu program unggulan. Dengan adanya beasiswa, kami mendukung upaya pemerintah meningkatkan akses pendidikan. Perusahaan tidak ingin para siswa yang berdomisili di sekitar daerah operasional putus sekolah," ujar Rudi.

Rudi menyebutkan tahun ini, terdapat 120 penerima beasiswa tingkat PT, sebanyak 94 mahasiswa diantaranya merupakan penerima beasiswa lanjutan. Sedangkan dari 300 penerima beasiswa tingkat SMA/SMK tahun ini, sebanyak 140 siswa adalah penerima beasiswa lanjutan. Para penerima beasiswa lanjutan ini merupakan mahasiswa atau siswa yang mampu mempertahankan prestasi mereka sehingga berhasil mendapatkan beasiswa secara berkelanjutan.

Dalam rangka membantu masyarakat dalam mendapatkan akses pendidikan, PT RAPP memberikan sejumlah beasiswa baik tingkat SMA/SMK dan perguruan tinggi.

"Pemberian beasiswa ini merupakan investasi untuk daerah dalam bidang sumber daya manusia. Dengan pemberian beasiswa ini, diharapkan mereka dapat meningkatkan taraf hidup mereka dan bisa bermanfaat bagi orang lain," tutur Rudi. ***