DUMAI, GORIAU.COM - Upacara Sumpah Pemuda yang ke - 85 di Kota Dumai, Senin (28/10/2013) diperingati dengan pergelaran upacara yang berlangsung di lapangan komplek perkantoran Pemko Dumai, di Jalan HR Subrantas. Sayangnya, tak satupun organisasi kepemudaan yang hadir pada acara ini.


Namun, Walikota H Khairul Anwar mengaku kecewa dengan absennya organisasi pemuda dalam pelaksanaan peringatan sumpah pemuda di Kota Dumai yang dipimpin Inspektur Upacara Kapolres AKBP Yudi Kurniawan.

"Undangan sudah disampaikan tapi tampaknya tidak ada perwakilan dari organisasi pemuda hadir dalam upacara peringatan sumpah pemuda tahun ini," kata wako kepada GoRiau.com usai upacara Senin (28/10/2013).

Dia mengatakan pemuda sekarang diharapkan jangan hanya berdiam diri dan harus pro aktif berpartisipasi ikut serta dalam proses pembangunan yang sedang dilancarkan pemerintah daerah.

Peringatan sumpah pemuda ini, lanjut Khairul hendaknya dijadikan sebagai momentum intropeksi diri dan meningkatkan partisipasi peran serta pemuda dalam mendukung kegitan pembangunan dan kondusifitas serta keamanan.

"Memperingati sumpah pemuda saya mengajak pemuda untuk bersatu padu dan meningkatkan rasa kecintaan dan nasionalis demi suksesnya kegiatan pembanguan yang dilaksanakan pemerintah," ungkap Khairul.

Pantauan dilapangan, upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dengan tema 'mewujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi' ini hanya dihadiri unsur pemerintah, TNI Polri dan pramuka serta pelajar.

Terkait peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, pemerintah memberikan penghargaan kepada sejumlah personil Polres Dumai yang telah berdedikasi dalam melaksanakan tugas kepolisian.(egy)