BENGKALIS, GORIAU.COM - Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh lapisan masyarakat baik di perotaan maupun di pedesaan. Sudah sepantasnya Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) diminta melakukan pengembangan jaringan distribusi untuk menjangkau seluruh desa.

Demikian disampaikan salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Irmi Syakip Arsalan, Rabu (10/12/2014). Menurut politisi PKB ini lebih dari 50 persen desa yang berada di pulau Bengkalis belum terjangkau jaringan PDAM, sehingga pengembangan jaringan harus digesa akar kebutuhan air bersih masyarakat dapat diakomodir.

''Air bersih itu merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan rumah tangga masyarakat, untuk itu kita minta PDAM terus menggesa pengembangan jaringan,'' kata Irmi Syakip yang akrab disapa Ikip ini.

Dikatakan Ikip saat ini PDAM Bengkalis baru menjangkau daerah perkotaan, sedangkan mulai dari desa Pedekik sampai desa Meskom masyarkat belum dapat menikmati air bersih, mereka masih menggunakan sumur ataupun air hujan untuk memasak

''Pada saat musim kemarau lebih parah lagi, seperti di daerah Prapat Tunggal mereka harus rela mengangkut air jauh-jauh dari Sungai untuk kebutuhan rumah tangga, hal itu harus menjadi prioritas bagi PDAM dalam membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat,'' tandasnya.

Anggota DPRD Bengkalis Dapil Bengkalis - Bantan ini juga meminta PDAM untuk melakukan pengembangan secara serius serta memprioritaskan kebutuhan masyarkat.(jfk)