BENGKALIS, GORIAU.COM - Kendati kabut asap sudah mulai reda menyusul hujan yang turun dua hari ini, status Kabupaten Bengkalis masih darurat asap. Kepada semua pihak diminta untuk tetap siaga, jika masih menemukan tindakan pembakaran di lapangan, laporkan kepada aparatur setempat.

Dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut ini, memang sungguh luar biasa terhadap masyarakat. Untuk Kabupaten Bengkalis saja, tercatat sudah 10.000 ribu yang menderita ISPA. Belum lagi yang mengalami iritasi mata dan iritasi kulit.

''Secara ekonomi, kabut asap menghentikan beroperasinya beberapa sumur minyak yang ada di Kabupaten Bengkalis. Kemudian anak-anak diliburkan sekolah karena indek ISPU sudah di atas 400,'' ujar Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh di sela-sela rapat koordinasi dukungan aparatur pemerintah daerah dalam menyuksekan Pemilu 2014 di Lantai IV Kantor Bupati, Selasa (19/3/2014).

Bupati juga mengingatkan kepada kepala desa jangan terlibat dalam penjualan lahan dengan menerbitkan SKT. Jika dilakukan, siap-siap berusan dengan aparat hukum.(jfk)