SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sesi latihan resmi yang wajib diikuti semua pebalap dari 9 negara sebelum kejuaraan Chalenge Asian BMX Championship di Siak dilaksanakan hari ini, Sabtu (8/11/14), berlangsung menarik. Entah karena baru pertama kali menyaksikan atau sekedar mengisi hari libur, sejak pagi ratusan penonton terlihat memenuhi dua tribun yang berada di sisi kiri dan kanan lintasan, padahal acara resmi baru dimulai siang nanti.

Pantauan GoRiau.com, saat sesi latihan resmi mulai digelar, penonton yang memenuhi tribun bertepuk tangan tanda memberi semangat kepada semua peserta.

Masing-masing tim mulai menjajaki lintasan BMX kebanggan masyarakat Siak yang berada di depan gedung DPRD. Seperti perlombaan sungguhan, 8 pebalap dari 9 negara secara bergantian naik ke atas Jump Start diiringi pihak panitia sembari memberi tahu hal-hal seputar aturan yang harus diikut pebalap saat perlombaan resmi digelar nantinya.

Saat tim dari Jepang mulai beraksi, satu pebalap jatuh, setelah lepas dari Jump Start yang posisi sengaja dibuat menurun.

"Waaaahhhh," teriak penonton sembari memberi tepuk tangan kepada pebalap Jepang. Si pebalap langsung berdiri dan mengambil sepedanya menuju pinggir lapangan. Meski tak begitu fatal, tapi pebalap itu terlihat berjalan tertatih-tatih.

"Bahaya juga ya, kalau tak hati-hati bisa juga patah kaki," ujar Indah, salah seorang penonton yang berasal dari Bengkalis.

Dia mengaku sengaja datang ke Siak bersama keluarga untuk menyaksikan kejuaraan BMX ini.

"Anak saya yang besar suka sepeda, dia yang maksa untuk ikut menyaksikan perlombaan ini. Makanya, pas hari libur, kita sengaja datang ke Siak ini," ujarnya.

Usai mengikuti sesi latihan resmi sekitar 2 jam, semua pebalap istirahat di penginapan masing-masing untuk persiapan perlombaan hari ini.(nal)