SELATPANJANG - Narkoba selalu menjadi alasan seseorang untuk menghilangkan galau saat sedang terjadi stres. Namun itu bukanlah merupakan obat yang benar untuk menghilang galau.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim saat menghadiri kegiatan "Go To School" yang ditaja oleh Granat Kepulauan Meranti, bertempat di SMAN1 Tebing Tinggi, pada Sabtu (27/4/2019) siang.

"Yang jelas obat galau itu bukan narkoba, karena saat stres mengkonsumsi narkoba hanya menghilangkan galau seketika namun akan muncul setelah kembali normal," ujarnya.

Menurut Said Hasyim, obat galau itu bukan dengan mengkonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya melainkan dengan melakasanakan sholat dan membaca alquran.

Ads
"Kalau galau itu berwudu pergi ke masjid, sholat dan baca alqur'an. Karena dengan menunaikan kewajiban maka akan diberikan ketenangan oleh Allah SWT," ungkapnya.

Said Hasyim juga menuturkan, untuk jangan mudah terhasut dengan tipudaya dan rayuan baik itu teman dekat maupun orang lain.

"Waspadai tipuan dan rayuan yang bisa menjerumuskan kita, untuk itu kenali betul siapa kawan kita dan bertemanlah dengan yang bisa memberi manfaat bagi kita dan bisa membawa kejalan kebaikan," ingatnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Kepulauan Meranti Iptu Darmanto SH, menambahkan bahwa narkoba selalu mempengaruhi orang yang lemah sehingga mudah diperdaya.

"Mulai dari sendiri untuk hidup sehat, jika diri kita sendiri saja tidak bisa dijaga bagaimana mau menjaga orang lain. Budayakan hidup sehat dan bebas dari narkoba," tuturnya.

Menurut Darmanto pula, tidak ada yang namanya narkoba itu sebagai obat akan tetapi narkoba adalah perusak terutama bagi yang sudah kecanduan.

"Narkoba itu adalah perusak, yang merusak kita semua baik generasi muda maupun pelajar bahkan orang dewasa maupun orangtua. Tidak ada yang hidup sehat dengan narkoba, malah sebaliknya hidup sehat itu tanpa narkoba," pungkasnya.***