BANGKINANG - Wakil Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto minta kepada kepala desa dalam mengelola keuangan desa untuk transparan, akutanbel, partisipatif dan disiplin anggaran.

Penegasan ini ditegaskannya saat melakukan rapat koordinasi dan hari anti korupsi se-dunia tahun 2018, bersama kepala desa dan camat Se-Kabupaten Kampar, Rabu (19/12/2018) di Aula Kantor Bupati Kampar.

"Pemerintahan desa sebagai badan publik yang menyelenggarakan pemerintahan, wajib mengacu pada aturan perundangan yang berlaku. Untuk itu, dalam mengelola keuangan desa harus berazaskan transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran," tegas Wabup Catur.

Karena kata Wabup Kampar ini, pencegahan korupsi merupakan salah satu upaya penting dalam mendorong pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi. Dengan pencegahan korupsi maka pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan Kampar dapat berjalan sesuai perundang-undangan, sehingga fungsi pemerintah beserta jajaran dalam melayani masyarakat dapat berjalan optimal.

Oleh karena itu, menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut, ia mengharapkan dan mengingatkan kepada seluruh unsur pimpinan dan staf pada Pemerintahan Kabupaten Kampar, camat dan pemerintan desa agar profesionalisme dan berintegritas dalam menjalankan tugas.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kampar, Febrinaldi Tridarmawan, menjelaskan acara ini tentang sinergi pembinaan dan pendampingan desa guna mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa menuju desa yang mandiri dan sejahtera. Dengan pemateri Kejari Kampar, Kapolres, Dandim 0313/KPR, Kadis PMD, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kampar.

"Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman camat dan kepala desa tentang pengelolaan keuangan, menggali informasi penyelenggara tugas pemerintahan, mengembangkan wawasan pembangunan dan pemberdayaan aparatur pemerintahan desa. Dan juga untuk mewujudkan sinergi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, sehingga dapat pemberikan pelayan yang baik kepada masayarakat," ungkapnya.

Dalam acara ini dihadiri oleh Kejari Kampar, Dandim 0313/KPR, Kapolres Kampar, Kepala OPD, camat dan kepala desa Se-Kabupaten Kampar. ***