JAKARTA - Atlet putri tuan rumah tampil gemilang pada hari pertama The 5th Indonesia Soft Tennis Championships 2019 yang berlangsung di lapangan tenis Klub Kelapa Gading Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Anggota Skuad Pelatnas SEA Games 2019 itu berhasil menciptakan All Indonesian Final antara Voni Darlina dan Happiness Beauty Heart di nomor tunggal putri turnamen internasional yang diikuti oleh peserta dari lima negara ini.

Dalam perjalanan menuju laga pemuncak, Voni membuat kejutan dengan menyingkirkan dua andalan Korea Selatan yang menjadi favorit juara ajang ini. Pada babak perempat final, dia menang atas Kim Hongjoo 4-2 dan membekap Han Subin di semi final, 4-1. Sedangkan Happiness sukses mengandaskan perlawanan wakil Malaysia, Roslan Nurin di babak empat besar dengan skor akhir 4-0.

“Ini modal bagus bagi atlet putri Indonesia, semoga makin menambah rasa percaya diri mereka dalam menghadapi pertarungan utama di ajang SEA Games 2019 di Filipina, Desember nanti,” tutur tim manajer skuad Merah Putih, Hendri Susilo Pramono.

Di nomor tunggal putra, tuan rumah juga berhasil menempatkan wakil di final melalui ayunan raket Fernando Daniel Sanger. Pada laga pamungkas, prajurit Tentara Nasional Indonesia itu akan menantang andalan Korea Selatan, Jo Yeongseok.

Pertandingan final nomor tunggal, baik putra maupun putri dijadwalkan berlangsung di hari terakhir kejuaraan, Sabtu (17/8/2019).

Sementara itu, Marciano Norman selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat berharap dengan digelarnya The 5th Indonesia Soft Tennis Championships ini, PP Pesti mampu mempertahankan posisi cabor ini sebagai penyumbang medali bagi kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2019 Filipina, akhir tahun nanti.

“Semoga event ini menjadi ajang uji coba yang baik demi mewujudkan target medali pada pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2019 nanti,” tutur Marciano Norman saat pembukaan turnamen bersama Anggota 3 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Achsanul Qosasi, Rabu (14/8/2019). ***