MANDALAR THIRI - Tim nasional Indonesia U-15 memetik kemenangan 2-0 atas tuan rumah Myanmar pada laga perdana Boys Elite Football Tournament 2019 yang digelar di Stadion Mandalar Thiri, Myanmar, Rabu (14/8/2019).

Sejak babak pertama dimulai, Indonesia mendapatkan perlawanan dari Myanmar. Namun anak asuh Bima Sakti tersebut berhasil mengambil alih permainan dengan bermain lebih menyerang.

Setelah memiliki beberapa kesempatan dari kaki Athallah Arraihan dan Alexandro Kamuru, Indonesia akhirnya berhasil unggul lewat sepakan Diandra Diaz pada menit 26.

Menerima umpan silang dari Athallah, Diandra yang menerima bola tanpa kawalan berhasil mencetak gol ke gawang Myanmar. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Indonesia dan tak berubah hingga babak pertama selesai.

Pada babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Diandra hampir saya menggandakan kedudukan setelah memiliki kesempatan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Myanmar. Sayang bola hasil sepakan pemain asal Bandung tersebut mampu dimentahkan.

Memasuki menit 68, lewat kesempatan serangan balik, umpang silang ciamik Muhamad Valeron mampu disambut dengan baik oleh sundulan Athallah. Indonesia unggul 2-0 atas Myanmar. Hasil tersebut tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Pelatih Timnas U-15, Bima Sakti, mengatakan, cukup puas dengan permainan anak asuhnya. "Alhamdulillah bisa mendapatkan hasil positif pada pertandingan hari ini. Tadi saya berikan kesempatan kepada para pemain yang sebelumnya kurang memiliki jam bermain di Piala AFF kemarin, dan mereka berhasil melakukannya dengan baik," kata Bima.

"Mereka bermain dengan penuh semangat dan mengikuti setiap instruksi dari pelatih. Ini yang saya inginkan, siapa pun yang main, harus siap dan memberikan kemampuan terbaiknya. Saya harap anak-anak bisa lebih baik lagi dan siap dengan pertandingan selanjutnya," kata Bima.

"Selanjutnya kita akan segera pemulihan besok. Kami tim pelatih sekarang akan segera analisis permainan Montenegro dan langsung fokus," tutur mantan kapten Timnas Indonesia tersebut.

Bek sayap Indonesia, Alexandro Kamuru, mengatakan sangat senang dengan kemenangan atas Myanmar. "Saya senang bisa menang hari ini. Kita bermain dengan baik, walaupun masih terasa lelah setelah main di AFF kemarin," kata Alex. ***