PEKANBARU - Virus Corona hingga saat ini masih saja terus bermutasi. Yang terbaru, kini muncul varian omicron. Dari pertimbangan inilah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang awalnya ingin membeli alat pendeteksi varian Covid-19, kini mengurungkan niatnya.

Selain harganya mahal, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar khawatir alat tersebut tidak dapat mendeteksi varian Covid-19 yang terus bermutasi.

"Tak jadi beli (alat pendeteksi Covid-19, red). Rasanya rugi juga kalau kita beli (alat itu). Sedangkan penggunaannya sudah sedikit kan," kata Gubri di Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu (1/12/2021).

Sementara itu, saat ini juga sudah muncul Covid-19 varian Omicron. Artinya, kata Syamsuar, jika alat pendeteksi varian Covid-19 itu dibeli, juga belum tentu bisa cocok untuk mendeteksi varian baru ini.

“Belum tentu cocok kan, beli pula lagi. Habislah, makanya harus efisiensi,” sebutnya.

Sebelumnya, rencana Pemprov Riau untuk membeli alat pendeteksi Covid-19 ini dalam rangka mempercepat pendeteksian Covid-19 varian delta yang sebelumnya sempat mendominasi kasus terkonfirmasi di Riau pada gelombang kedua.

Seiring waktu berjalan, upaya penangan terus dilakukan hingga tingginya angka kasus terkonfirmasi berhasil ditekan. ***