SELATPANJANG - Unit Pelayanan Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (UPT Disdukcapil) Kecamatan Tasik Putripuyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, gencarkan program Melala (melaksanakan perekaman jemput bola) ke desa.

Program Melala merupakan salah satu inovasi dalam memberikan kemudahan pengurusan administrasi kependudukan, yakni e-KTP.

"Jadi, dengan adanya Melala ini masyarakat makin mudah mengurus e-KTP. Kita sudah atur jadwal turun ke desa-desa untuk melakukan perekaman. Ini sudah yang ketiga kalinya," ungkap Plt Kepala UPT Disdukcapil Tasik Putripuyu, Selamet Riadi SPd.

Melalui program ini, kata Selamet, ada kemudahan berapa modem M to M, yakni machine to machine. Dimana, dalam prosesnya berselang satu jam data awal, sudah validasi oleh pusat. 

Melala, lanjut dia, telah eksis 4 bulan terakhir. Bahkan, telah dikeluarkan sebanyak 600-an e-KTP di Tasik Putripuyu.

"Kita butuh printer khusus agar bisa cetak di UPT Kecamatan Tasik Putripuyu. Sehingga lebih cepat dan efisien serta mudah dijangkau masyarakat," tuturnya.

Kasi Inovasi Disdukcapil Kepulauan Meranti, Rio Hilmi ST MM, yang berkesempatan turun memantau pelaksanaan perekaman sistem jemput bola tersebut, mengatakan bahwa saat berbagai inovasi kemudahan disediakan buat masyarakat.

"Sesuai keinginan pak bupati, bagaimana masyarakat bisa lebih mudah dan gratis dalam mengurus administrasi kependudukan. Tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil di Selatpanjang. Makanya, berbagai inovasi kita lakukan. Sekarang sudah ada 8 aplikasi yang kita sediakan buat kemudahan itu," ujar Rio.

Hanya saja, akuinya, untuk proses pencetakan seperti e-KTP masih dilakukan di Disdukcapil. Karena keterbatasan mesin pencetak belum tersedia di UPT saat ini.

Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Meranti, Pauzi SE M IKom, mengapreasi aksi Melala oleh UPT Disdukcapil Tasik Putripuyu. Menurut dia, itu merupakan langkah inovatif yang tepat dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat.

"Sangat bagus dan membantu masyarakat. Kita apresiasi dan dukung program ini. Kalau bisa terus ditingkatkan lagi. Setidaknya ini menjadi kerja nyata Pemda dalam melayani masyarakat," ucapnya saat meninjau dan menyaksikan langsung pelaksanaan perekaman e-KTP di Desa Mengkopot, Jumat (20/8/2021) pagi.***