PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru kini memiliki kemudahan untuk mengakses layanan gawat darurat yang baru saja dilaunching Pemko Pekanbaru, Kamis, (28/11/2018). Pasalnya, cukup dengan menekan 112, masyarakat dapat langsung tersambung pada semua unit layanan gawat darurat, seperti Damkar, Satpol PP, Kepolisian, Rumah Sakit, Dishub, PLN, Kominfo, dan sebagainya.

Walikota Pekanbaru Firdaus menjelaskan, layanan gawat darurat ini tidak hanya berlaku untuk membantu manusia, tetapi juga lingkungan dan hewan. Secara gratis, masyarakat dapat menghubungi 112 untuk memberitahukan suatu kejadian darurat yang akan langsung ditangani oleh tim petugas.

"Layanan ini merupakan pelayanan terhadap kejadian darurat apapun yang terjadi ditengah masyarakat. Bukan hanya manusia saja, misalkan ada hewan yang memanjat tiang listrik sehingga membahayakan hewan itu, atau ada hewan yang terperangkap, masyarakat bisa menghubungi 112, begitu juga dengan lingkungan seperti kebakaran lahan," tuturnya,

Sementara itu, Firdaus menambhakan, meskipun adanya 112 ini, namun nomor layanan yang sudah ada sebelumnya dimasing - masing unit pelayanan gawat darurat tetap berlaku.

"nah, sebelumyakan semua unirt sudah punya nomor masing - masing, misalnya Damkar ada nomornya, Dishub dan sebagainya. Nomor itu tetap berfungsi, tetapi jika yang nomor itu hanya akan terhubung ke masing - masing unit gawat daruratnya, sedangkan 112 ini langsung terintegrasi kesemua unit seperti yang saya katakan tadi," pungkasnya. ***