PEKANBARU - Universitas Riau sebagai salah satu pusat penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK ) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) 17 Mei 2022 menyatakan siap melaksanakan pelaksanaan UTBK melalui penyiapan sarana dan prasarana yang telah dilakukan untuk kelancaran kegiatan ujian. Kesiapan UNRI disampaikan Rektor UNRI Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr M Nur Mustafa MPd , di Pekanbaru, Rabu (11/5).

M Nur mengatakan UTBK tahun ini dilaksanakan dalam dua gelombang, mulai gelombang 1 pada 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua dimulai pada 28 Mei-3 Juni 2022 dengan frekuensi ujian dua sesi per hari. Selama kurun waktu tersebut, peserta UTBK yang mengikuti ujian di lokasi Pusat UTBK - SBMPTN UNRI , sebanyak 20.799 orang.“Tentunya UNRI siap melaksanakan UTBK , dari segi sarana dan prasarana, serta menyesuaikan protokol kesehatan , ” ujarnya .

“Pelaksanaan tes UTBK – SBMPTN tahun ini, peserta tetap wajib mengikuti protokol COVID-19 yang telah ditetapkan Panitia. Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi munculnya COVID-19 dalam pelaksanaan ujian ini,” ujar Guru Besar Keguruan dan Ilmu Pendidikan”, ujarnya UTBKPeserta - SBMPTN 2022, Kedua, fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir atau asli ijasah kelas 12 yang dilegalisir telah ditandatangani oleh kepala sekolah dan diberi nama, NISN , NPSN

sekolah, dan paspor tiga bulan terakhir, Ketiga, Identitas diri seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar, dan Keempat, Masker yang dipakai di lokasi ujian,” kenang Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI ini .

Terkait penyediaan sarana dan prasarana pelaksanaan UTBK - SBMPTN , UNRI bekerjasama dengan mitra kerja antara lain Universitas Muhammadiyah Riau, STMIK Amik Riau, SMKN 2 Pekanbaru, SMKN 3 Pekanbaru, SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia Pelita Pekanbaru, dan SMK Tenaga Kerja Binaan FKIP UNRI .

M Nur menambahkan, untuk mengantisipasi keterlambatan peserta saat menuju lokasi tes yang telah ditentukan, panitia menghimbau agar peserta sedapat mungkin mengecek lokasi tes minimal satu hari sebelum tes. Sedangkan peserta juga harus hadir 45 menit atau bahkan 1 jam sebelum pelaksanaan UTBK ini .

“Pada KTP peserta UTBK tertulis dengan tanda merah memanggil untuk mengecek lokasi dan tiba lebih awal di lokasi tes. Semua itu agar peserta bisa mengetahui dan bisa mengantisipasi keterlambatan dan salah lokasi.” cahaya.

“Perlu diingatkan, pelaksanaan UTBK – SBMPTN ini baru sesi pertamaakan dilaksanakan pada pukul 06.45-10.30 sedangkan sesi kedua dimulai pada pukul 13.00-16.45. Sidang Istimewa kedua pada hari Jumat dimulai pukul 13.45-17.40. Sedangkan untuk uji campuran dilakukan pada pukul 06.45-13.25. Untuk mengantisipasi keterlambatan bisa hadir 1 jam sebelum ujian tentunya akan lebih baik dan lebih santai, tidak terburu-buru, sehingga bisa tenang saat ujian,” ujar M Nur.

Dalam kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI juga menghimbau kepada Pejabat , Penanggung Jawab Lokasi ( PJL ), Wakil Penanggung Jawab Lokasi ( WPJL ), Admin OperatorServer, dan Teknisi untuk dapat mengikuti kegiatan pengadaan pegawai pada hari Kamis tanggal 13 Mei 2022 pukul 09.00 sehubungan dengan pengarahan dan penyampaian materi tentang teknis pelaksanaan pekerjaan sebagai pembekalan dalam pelaksanaan UTBK nanti.

“Nantinya panitia akan mengirimkan link zoom bagi peserta yang akan mengikuti kegiatan pembekalan ini nantinya. Oleh karena itu, mari kita bersama mensukseskan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, semoga para calon mahasiswa ini berhasil dan menjadi harapan bangsa di masa depan,” pungkasnya.

Titik Lokasi Pelaksanaan UTBK - SBMPTN Tahun 2022 yaitu Universitas Riau, Kampus Bina Widya KM. 12.5 Simpang Baru, Fakultas KeperawatanUniversitas Riau, Jalan Patimura , Cinta Raja, Kec . Sail , 3. Fakultas Kedokteran Universitas Riau, Jalan Diponegoro No. 1, Suka Mulia, Kecamatan Sail , Universitas Muhammadiyah Riau, Simpang Komersil Arengka ( SKA , Jl. Tuanku Tambusai , Delima, Kec . Tampan, STMIK Amik Riau, Jalan Purwodadi Indah, RW. 10, Sidomulyo Barat, Tampan

Selanjutnya, SMKN 2 Pekanbaru , Jalan Pattimura No. 14, Cinta Raja, Kecamatan Sail , SMKN 3 Pekanbaru, Jalan Dr. SutomoTidak. 110, Suka Mulia, Kecamatan Sail , SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Jalan KH. Ahmad Dahlan no. 90, Kp. Melayu, Kecamatan Sukajadi , Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, Jalan Srikandi. Kecamatan Tampan, SMK Tenaga Kerja Binaan FKIP UNRI , Jalan Thamrin No. 97, Suka Maju, Kecamatan Sail . ***