PEKANBARU - Dalam rangka membangun komunikasi, kerjasama dan pembinaan olahraga di tingkat mahasiswa, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pekanbaru berkunjung ke Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, pada Rabu (29/01/2020) kemarin.

Rombongan KONI Kota Pekanbaru pada kesempatan tersebut diterima oleh Rektor Unilak Dr Junaidi, SS, MHum, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto, Kepala Biro administrasi Jufrinata SH. Sementara dari KONI Pekanbaru langsung dipimpin oleh Ketua Aniz Murzil dan 15 pengurus lainnya.

Pertemuan selama satu jam ini berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan, diawal pertemuan KONI Kota menjabarkan target dan program kerja yang akan dilakukan ,salah satunya Juara umum di Porprov Riau.

Aniz Murzil mengatakan, bahwa kunjungan ke Unilak ini merupakan kunjungan perdana yang dilakukan KONI Pekanbaru di awal tahun ini. Di mana, kunjungan ini dalam rangka menjalin kerjasama, pembinaan olahraga, dan lain lain.

"Kami tahu di Unilak banyak memiliki atlet-atlet berprestasi dan pembinaan olahraga di tingkat mahasiswa sangat bagus dan berjalan baik, ditandai dengan Unilak menerima penghargaan berprestasi di bidang olahraga. Tentunya kami juga mengucapkan terimakasih karena banyak, karena mahasiswa Unilak yang membela KONI Pekanbaru sudah berprestasi bahkan skalanya udah internasional," ujar Aniz mengawali sambutannya.

Ditambahkan Aniz, ia berharap dari kunjungan ini atlet-atlet di bawah naungan KONI Pekanbaru yang ingin melanjutkan kuliah dapat dipermudah dan diberikan beasiswa. KONI Pekanbaru akan bekerjasama dengan Unilak untuk penggunaan beberapa venue dan fasilitas yang ada di Unilak dalam rangka Porprov dimana Pekanbaru menargetkan juara umum.

"Saya liat pembinaan olahraga di Unilak berjalan baik, ada sepakbola, sepaktakraw, pencak silat, bola voli, futsal, Karate, bola basket, dan panahan yang mulai berpestasi" Sebut Aniz.

Sementara itu, Rektor Unilak mengucapkan terimakasih kepada KONI yang diakhir tahun 2019 telah memberikan penghargaan sebagai kampus berpestasi bidang olahraga.

"Unilak sudah sejak lama dan secara konsisten telah melakukan pembinaan olahraga di tingkat mahasiswa dan SMA di Riau, dengan menggelar berbagai even diantaranya futsal, karate, sepakbola, Sepaktakraw, Pencak Silat, bola voli, panahan dan lain lain," sebut Dr Junaidi.

Selain itu juga Unilak telah memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang telah raih prestasi, kemudian juga mengirimkan atlet atlet untuk mengikuti berbagai kejuaraan mahasiswa di tingkat nasional. Dan dalam penerimaan mahasiswa naru Unilak membuka jalur prestasi khusus bidang olahraga dan seni, ini tidak lain adalah upaya Unilak untuk turut serta mendukung prestasi atlet.

"Unilak adalah rumah bagi atlet atlet olahraga, jadi yang ingin melanjutkan kuliah bisa di Unilak," kata Rektor.

Dijelaskan Rektor, Unilak juga berencana akan membuka prodi olahraga. "Kami memandang altet-atlet berprestasi juga harus diperhatikan masa depannya lewat pendidikan, setelah mereka tidak lagi berprestasi di olahraga tentunya melalui gelar sarjana pendidikan olahraga masa depan mereka lebih terlihat, untuk itu nantinya kami juga mengajak altet Atlet KONI kota dapat kuliah di Unilak," tuturnya. ***