PEKANBARU,GORIAU.COM - Pelaksanaan Ujian Nasional tingakat Sekolah Dasar (SD) dan sederajat secara umum (nasional) dikabarkan berjalan lancar. Dengan demikian, tingkat kelulusan diprediksi bakal meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Di Pekanbaru, ada sekitar 16.837 pelajar dari 264 Sekolah Dasar (SD) dan Masrasyah Ibtidaiyah (MI) yang mengikuti UN 2013. "Semuanya berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti termasuk pendistribusian logistik seperti lembaran soal dan jawaban telah sampai ke seluruh sekolah," kata Kepala Bidang SD pada Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, Naguib Nasution, di Pekanbaru, Senin.

Dia menguraikan, dari sebnayak 16.837 peserta yang berasal dari 264 sekolah itu, terbanyak berasal dari SD Negeri dengan jumlah mencapai 13.223 orang kemudian SD Swasta ada sebanyak 3.198 orang.

"Untuk peserta yang berasal dari MI Negeri dan swasta hanya ada sebanyak 396 orang dan semuanya berjalan lancar. Belum ada laporan pelaksanaan UN ada hambatan," katanya.

Dia mengatakan, Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru menetapkankan target hasil terbaik untuk UN 2013 dengan mengunguli sejumlah kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Riau.

"Kami sangat yakin, seluruh peserta didik yang melaksanakan UN tahun ini berhasil meraih nilai maksimal," katanya.

Pihaknya mengharapkan, tingkat kelulusan minimal mencapai 98 persen atau bahkan menembus seratus persen.

Hal ini ditergetkan menurut dia karena berbagai persiapan yang sangat matang dilakukan oleh sejumlah sekolah yang ada di Pekanbaru.

"Banyak kegiatan yang dilaksanakan seluruh sekolah negeri maupun swasta di Pekanbaru. Salah satunya yakni menggelar jam pelajaran tambahan dan pendidikan luar jam sekolah secara berkelompok," katanya.

Lain dari itu, kata dia, seluruh Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan juga sudah diminta membuat prediksi soal berdasarkan kisi-kisi Ujian Nasional.

"Prediksi ini menjadi pegangan para guru untuk melakukan upaya maksimal dalam persiapan ujian akhir. Penerapan ini dilakukan semua sekolah yang ada di Pekanbaru," katanya.(fzr)